16 February 2015

Taman Prasejarah Leang-leang

Taman Prasejarah Leang-leang
Destinasi Bersejarah Maros

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Kabupaten Maros, Sulsel, merupakan salah satu daerah yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik, baik lanskap alam maupun gua prasejarah. Salah satunya adalah Kawasan Taman Prasejarah Leang-Leang, Desa Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung.
Leang-Leang tepatnya terletak di dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Pegunungan karst yang sudah berumur ribuan tahun ini diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di Tiongkok. Meliputi area seluas 43.750 hektare, wilayah ini memiliki 286 gua dengan lebih 30 gua prasejarah.
Jarak tempuh ke lokasi ini tergolong strategis karena hanya memakan waktu 60 menit dengan berkendara mobil atau sepeda motor dari Makassar. Untuk masuk ke lokasi juga tidak terlalu jauh lantaran wisatawan hanya perlu masuk sejauh tiga kilometer untuk sampai ke lokasi tujuan dari jalan poros Maros.
Destinasi khas dan unik ini menyuguhkan berbagai keindahan, mulai wisata prasejarah seperti peradaban purba. Peradaban masa lampau prasejarah tersebut dapat dilihat dari adanya bekas telapak tangan manusia dan lukisan rusa, yang terpampang di dinding-dinding gua. Beragam artefak tersebut telah menjadi bukti kehadiran manusia prasejarah di daerah tersebut.
Tidak hanya itu, panorama alam destinasi ini pun menyuguhkan keasrian alam yang hijau, gugusan gunung dan tebing batu (karst) dengan bentuk unik, yang menjulang tinggi di mana-mana. Menariknya, selain menambah pengetahuan mengenai sejarah, wisatawan mampu melakukan berbagai aktivitas alam seperti outbound, rock climbing, penelitian, hingga bersantai di tepi aliran air sungai yang jernih. Selain itu, guna memberikan kenyaman bagi wisatawan, kawasan tersebut juga telah dilengkapi rumah adat, baruga, shelter, toilet, jalur tracking, serta papan interpretasi.
Keberadaan destinasi Taman Prasejarah Leang-Leang yang dimiliki Sulsel telah membuktikan daerah ini memang layak dijuluki surga wisata di wilayah Indonesia timur.