09 February 2015

Membidik Keindahan Lembah Ramma Gunung Bawakaraeng

Membidik Keindahan Lembah Ramma Gunung Bawakaraeng

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Beragam keindahan alam dianugerahkan Sang Pencipta untuk bumi Sulsel, mulai hamparan pulau berlanskap bahari hingga pegunungan tinggi, dengan kesempurnaan lembah hijaunya yang tersebar seantero daerah. Salah satunya Lembah Ramma, Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, dengan ketinggian 1.600 Mdpl.
Letak geografis wisata gunung ini pun tergolong strategis karena dekat dari pusat Kota Makassar, dapat ditempuh dengan berkendara mobil maupun sepeda motor dalam waktu dua jam antara Makassar-Desa Tinggi Moncong (Kampung Lembanna di bawah kaki Gunung Bawakaraeng) atau Makassar-Desa Panaikang, Gowa. 
Untuk jalur pendakiannya pun dapat dilewati dengan dua jalur, yakni Kampung Lembanna-Lembah Ramma dengan durasi waktu pendakian sekitar empat jam, dan untuk Desa Panaikang-Lembah Ramma memakan waktu pendakian sekitar dua jam. Kedua jalur pendakian tersebut, masing-masing memiliki tantangan tersendiri. Panorama alam yang tersuguh pun sangat indah, sejuk, dan hijau, lantaran pada setiap ruas jalur pendakian, wisatawan dapat menikmati keindahan hutan lumut, aliran air sungai yang jernih, dan hamparan pepohonan yang berdiri menjulang tinggi dengan daun yang rimbun.
Selain itu, wisatawan juga bakal terpesona menyaksikan panorama alam di Talung, sebab di lokasi tersebut mereka akan menyaksikan keindahan Gunung Bawakaraeng yang menjulang tinggi dengan hamparan “karpet” hijaunya yang diselimuti kabut-kabut tebal berhias langit biru.
Menariknya, eksotisme alam yang ditawarkan Lembah Ramma pun semakin lengkap dengan adanya danau berair jenih yang berasal dari sungai pegunungan dan air terjun. Di lokasi ini wisatawan dapat melakukan aktivitas alam seperti fun camp, outbound, memancing, dan lainnya.
Tak hanya menikmati keindahan pegunungan, Lembah Ramma juga kerap menjadi lokasi digelarnya berbagai kegiatan komunitas pecinta alam, seperti peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, peringatan Sumpah Pemuda, fun camp Mother Day, serta banyak kegiatan lainnya.


Komunitas Lembah Ramma Mapala

Berbagai komunitas pecinta alam, seperti Siswa Pecinta Alam (Sispala), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), hingga Komunitas Pecinta Alam (KPA), yang tergabung di Komunitas Lembah Ramma (KLR) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), bekerja sama Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, menggelar Lembah Ramma Photography Competition 2014.
Ketua Pelaksana Lembah Ramma Photography Competition, Mustari, saat ditemui di Lembah Ramma, Gunung Bawakaraeng, Gowa, Selasa (28/10/2014), mengungkapkan, kegiatan yang diikuti ribuan pegiat lingkungan hidup ini merupakan rangkaian peringatan Sumpah Pemuda.
“Kegiatan mengangkat tema ‘Bidikan Kameramu untuk Bumi Pertiwi’, dengan maksud mengapresiasi generasi muda supaya melestarikan lingkungan. Apalagi, keindahan Lembah Ramma tidak dapat dipungkiri lagi,” alasannya.
Koordinator Lapangan Lembah Ramma Photography, Nur Iksan, menambahkan, kegiatan fotografi membidik spot konservasi dan panorama alam seperti situasi jalur pendakian dari kaki Gunung Bawakaraeng di Kampung Lembanna hingga ke Lembah Ramma. “Tujuan kegiatan, tak lain menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap pelestarian lingkungan,” tandasnya.