21 February 2015

Bugis Waterpark Adventure

Bugis Waterpark Adventure
Padukan Konsep Budaya Modern dalam Wahana Bermain

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Keberagaman khazanah dan keindahan lanskap alam yang dimiliki Sulsel, termasuk budaya dan adat istiadatnya yang majemuk, telah mendorong berbagai pelaku usaha di bidang entertainment maupun edukasi untuk mengembangkan suatu wahana bermain bertaraf internasional. Salah satunya adalah PT Baruga Asrinusa Development (Kalla Group), yang mendirikan Bugis Waterpark Adventure.
Bugis Waterpark Adventure adalah sebuah taman rekreasi air bernuansa Bugis yang berlokasi di kawasan Bukit Baruga Antang, Jalan Raya Baruga, Sektor Mahameru, Makassar. Selain sebagai tempat bermain, Bugis Waterpark Adventure juga memberikan unsur edukasi terhadap pengunjung setianya, di antaranya semua signade serta wahana yang diberi nama berbahasa Bugis.
Di era modernisasi seperti saat ini, sangat sulit ditemukan hal-hal yang masih mengangkat tema budaya lokal Indonesia, atas dasar tersebut dan demi memajukan serta mengenalkan budaya lokal yang saat ini sudah sangat asing bagi masyarakat, di mana pengelola menamakan tempat bermain ini dengan nama Bugis Waterpark Adventure.
Dengan luas sekitar empat hektare dan didukung sistem serta alat dengan standar internasional, Bugis Waterpark Adventure menjamin kepuasan bagi pengunjung setianya. Tempat ini terbagi menjadi tiga zona dengan 10 wahana, di antaranya Alabuang (Pelabuhan), Goa Batu Kalibampa (Goa Kupu-Kupu), Kampong Rilau (Kampung Nelayan), Lopi Wae (Rafting Slide), Kollang Ana-ana (Kids Pool), Wae Massolo (Lazy River),  Magatti (Turbulance), Mattulili (Body Slide), Mapettang (Black Hole), Tappasorong (Multi Slide), Matanra (Free Fall), Pipa Wae (Aqua Tube), dan Malippung (Space Boat).
Bugis Waterpark Adventure juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti Lego-lego (tempat istirahat) hingga musik-musik bernuansa Bugis. Selain itu, pengelola pun menyiapkan toko merchandise dan suvenir khas suku Bugis.
Selama ini, Bugis Waterpark Adventure bukan hanya ditujukan bagi pengunjung lokal, tetapi juga pengunjung luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara (wisman). Hal tersebut terbukti dari fasilitas standar kelas dunia yang diaplikasikan manajemen di wanana air terbesar di kawasan timur Indonesia ini.

Wahana Rekreasi Reputasi Dunia

Marketing Executive Bugis Waterpark Adventure, Yunita Nursetia, saat ditemui di Bugis Waterpark Adventure belum lama ini, menuturkan, dengan hadirnya destinasi wisata yang mengusung nuansa budaya dan adat Bugis, maka mampu mengedukasi masyarakat Sulsel terkait pentingnya menjaga kearifan lokal.
“Nuansa yang kami tawarkan mengusung identitas suku Bugis, yang dipadukan konsep adventure modern,” jelasnya.
Saat ini, sebut Yuyun, demikian nama akrabnya, apresiasi masyarakat terhadap keberadaan wahana air bertaraf internasional ini cukup baik. “Itu dapat dilihat dari okupansi tingkat pengunjung hingga 30 persen per bulannya, dengan penghasilan sekitar Rp 1 miliar. Apalagi, pengunjung memuncak pada sesi libur sekolah atau menjelang tahun baru,” akunya.
Salah satu penyanyi Indonesia Idol 2014 ini memaparkan, ada beberapa klasifikasi harga tanda masuk (HTM) yang ditawarkan pihaknya kepada pengunjung, yakni untuk sesi Week Day (Senin-Jumat) dibanderol Rp 80 ribu per orang. “Sedangkan untuk Weekend Day (Sabtu-Minggu) biaya HTM Rp 130 ribu per orang. Hanya dengan satu kali membayar, pengunjung bebas menikmati wahana yang telah kami siapkan,”  bebernya.
Tidak hanya itu, pihak pengelola juga memanjakan pengunjung dengan menghadirkan warung kuliner tradisional dan modern, dengan harga menu yang cukup terjangkau, yang dibanderol mulai Rp 10 ribu-Rp 30 ribu.
“Kami berharap, Bugis Waterpark Adventure mampu menjadi destinasi wisata favorit masyarakat. Tentunya, kami akan terus menghadirkan suasana baru dan menyenangkan. Namun yang pasti, wahana kami ini tak kalah menariknya dan sejajar dengan wahana rekreasi kelas dunia lainnya,” tandasnya.

 Catatan Perjalanan:

-  Harga tiket Week Day (Rp 80 ribu per orang).
-  Harga tikey Weekend Day (Rp 130 ribu per orang).
-  Dilarang membawa makanan dan sejenisya dari luar.
-  Wajib menjaga kebersihan.
-  Wajib mengenakan pakaian renang saat beraktivitas di air.

-  Buka pukul 09.00-18.00 Wita