05 January 2015

Pulau Liang Kareta

Pulau Liang Kareta
Keindahan Laut Kepulauan Selayar

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Kabupaten Kepulauan Salayar terkenal dengan potensi alam lautnya yang tersebar di beberapa pulau. Salah satunya adalah Pulau Liang Kareta, tepatnya di Desa Bonto Borusu, Kecamatan Bonto Baharu. Jarak Pulau tersebut dengan ibu kota Benteng pun cukup dekat, sekitar lima kilometer, dan mampu diakses dengan berkendara perahu bermotor sekitar 30 menit.
Menariknya, pulau tersebut menyajikan berbagai keindahan alam laut, di antaranya hamparan pasir putih terigu (pasirnya sehalus tepung terigu), gua, keindahan lahan pertanian warga sekitar pulau (pulau tersebut tidak berpenghuni kecuali para petani yang bercocok tanam), serta suguhan keindahan biota lautnya, yakni hamparan terumbu karang yang dijadikan habitat berbagai jenis binatang laut.
Oleh karena itu, pulau tersebut sangat cocok bagi komunitas bahari hingga tempat liburan keluarga. Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti snorkeling, diving, swimming, dan fishing.
Tidak hanya itu, lahan pulau tersebut, tepatnya puncak gua pulau, dijadikan area bercocok tanam bagi warga sekitar pulau. Keramahan para petani tersebut melengakapi kenyamanan para pengunjung.
Pulau Liang Kareta ini memiliki kisah tersendiri. Sesuai namanya, Liang Kareta, yang dalam bahasa daerah Selayar berarti gua dan kendaraan (perahu), konon sempat dijadikan tempat bersembunyi atau mengasingkan diri warga yang lari dengan menggunakan perahu (kendaraan) untuk menghindari kekerasan para penjajah di masa lampau.
Dengan demikian, potensi alam laut yang dianugerahkan Sang Kuasa di Kepulauan Selayar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu,  sudah sepatutnya semua elemen masyarakat menjaga dan melestarikan potensi alam di wilayah ini.

***

Dipromosikan Klub Pecinta Alam

Potensi wisata alam, khususnya keindahan alam laut yang dimiliki Kabupaten Selayar, boleh dibilang sangat memukau namun masih jarang terjamah. Salah satu pulau eksotis tersebut adalah Pulau Liang Kareta.
Beberapa pegiat dan pemerhati lingkungan di Makassar seperti Seleya Scuba Divers (SSD) bahkan sudah menjadikan Pulau Liang Kareta sebagai tempat aktivitas wisata mereka.
Wakil Ketua SSD, Yusuf Ronald, mengatakan, pihaknya mulai mempromosikan Pulau Liang Kareta sejak 2010. Pasalnya, pulau yang belum banyak diekspos ini sarat dengan kekayaan biota laut, yang kelak mampu menghipnotis wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dengan keindahan bawah lautnya.
“Wisatawan mancanegara yang pernah berkunjung, di antaranya Perancis, Belgia, Italia, Finlandia, Belanda, dan Amerika Serikat. Sedangkan domestik, antara lain Jakarta, Surabaya, dan Makassar sendiri,” paparnya.
Selama ini, sebut Yusuf, pihaknya menyajikan dua paket program wisata untuk wisatawan. “Paket pertama adalah Snorkling Gusung-Liang Kareta (termasuk transportasi kapal, guide, peralatan, dan makan). Paket ini terdiri empat bagian, paket personal (sendiri) Rp 800 ribu, paket bertiga Rp 500 ribu per orang, paket berenam Rp 350 ribu per orang, dan paket bersepuluh Rp 250 ribu per orang,” bebernya.
 Sedangkan untuk paket kedua, paket Diving Gusung-Liang Kareta (termasuk kapal, guide, peralatan, tabung, makan, dan tiga kali diving). “Paket ini terdiri dari empat bagian, antara lain paket personal Rp 1,5 juta per orang, paket bertiga Rp 1 juta per orang, paket berenam Rp 850 ribu per orang, dan paket bersepuluh Rp 750 ribu per orang,” imbuhnya.
Selain itu, urai Yusuf, wisatawan yang hendak berkunjung ke Selayar mampu menempuh tiga jalur, udara, darat, dan laut. “Untuk darat dan laut, dengan menyewa bis Rp 120 ribu hingga Rp 150 ribu, dan untuk jalur udara Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. Nah, dengan berbagai fasilitas yang disediakan, akan memudahkan wisatawan menikmati wisata alam di Selayar, terutama Pulau Liang Kareta,” tandasnya.

***

Rekapitulasi Dana

- Makassar-Selayar (Darat-Laut) Bis dan Kapal Feri: Rp 120 ribu hingga Rp 150 ribu
- Makassar-Selayar (Udara) Pesawat: Aviastar (Rp 200 ribu), Wings Air (Rp 400 ribu)
- Snorkling Gusung ke Liang Kareta (termasuk kapal, guide, peralatan, dan makan):

Paket sendiri Rp 800 ribu
Paket bertiga Rp 500 ribu per orang
Paket berenam Rp 350 ribu per orang
Paket bersepuluh Rp 250 ribu per orang

- Snorkling Gusung ke Liang Kareta (termasuk kapal, guide, peralatatan, dan makan):

Paket sendiri Rp 800 ribu
Paket bertiga Rp 500 ribu per orang
Paket berenam Rp 350 ribu per orang
Paket bersepuluh Rp 250 ribu per orang

- Kontak Person Pemandu Wisata = 081239680237 (Yusuf Ronald)