08 January 2015

Bukit Pesona Alam Gowa

Bukit Pesona Alam Gowa
Padukan Edukasi dan Wisata Outbound

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Berbagai taman bermain atau wahana telah dihadirkan sejumlah perusahaan, namun tidak banyak yang mendedikasikan unsur pengetahuan, pendidikan, sekaligus wisata yang mengembangkan karakter bagi pengunjungnya.
Oleh karena itulah, Yayasan Bukit Pesona Alam berinisiatif mengembangkan konsep pendidikan, pelatihan, sekaligus rekreasi yang dikemas dalam alam terbuka dengan sarana lahan sekitar tiga ribu hektare.
Wahana yang ditawarkan pun berbagai macam, di antaranya outbound bagi anak usia dini, remaja, hingga dewasa seperti paintball, mobil All Terrain Vehicle (ATV), workshop, serta aula seminar.
Lokasi wisata alam ini tergolong cukup strategis, berada di Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa. Jarak dari pusat Kota Makassar berkisar 25 kilometer, dan 15 kilometer dari poros perbatasan Makassar-Gowa di Jalan Hertasning, yang dapat ditempuh sekitar 15-20 menit dengan kendaraan.
Selain itu, berbagai wahana yang disajikan pun dilengkapi panorama alam seperti hamparan sawah, pemandangan bukit yang menjulang tinggi, serta keramahtamahan warga lokal kepada setiap wisatawan yang berkunjung.
Sebagaimana diketahui, letak geografis wahana ini terletak di daerah perbukitan sehingga mampu memanjakan mata wisatawan yang menikmatinya. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun bervariasi dan cukup terjangkau, tergantung paket dan usia pengunjung.
Hadirnya wahana yang mengkolaborasikan antara edukasi dan rekreasi mampu memberikan pengalaman yang berharaga bagi pengunjung, khususnya dari aspek aspek pendidikan dan pelestarian lingkungan.

Bentuk Karakter Anak dari Permainan

Yayasan Bukit Pesona Alam (BPA) menggelar launching wahana edukasi dan rekreasi wisata outbound di Aula Serbaguna, Patalassang, Kabupaten Gowa, Minggu (24/8).
Ketua Yayasan Bukit Pesona Alam, H Adam Ismail, saat ditemui seusai acara, mengatakan, wahana wisata outbound tersebut merupakan wahana taman bermain berunsur pendidikan di alam terbuka. Menurutnya, gagasan pihaknya menghadirkan Bukit Pesona Alam lantaran wahana bermain yang ada pada umumnya hanya terfokus pada taman rekreasi saja, tetapi belum memikirkan sifat edukasinya.
“Saya menghadirkan nuansa berbeda dibandingkan taman bermain pada umumnya. Wahana bermain yang saya garap fokus terhadap pendidikan karakter. Terus terang, ini merupakan impian saya sejak dulu, di mana saya ingin menghadirkan unsur edukasi setelah mengevaluasi minimnya kondisi pendidikan (di wahana bermain) saat ini,” ungkapnya.
Selain itu, aku Adam, taman wisata yang digarapnya pun melibatkan warga setempat, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga lokal. “Dengan demikian, selain tempat rekreasi, wahana kami ini pun kami kemas dengan tema permainan yang dapat membentuk karakter (mandiri) anak-anak melalui pendidikan dan pelatihan,” bebernya.
Sementara itu, Koordinator Bukit Pesona Alam Outbound, Indra, menambahkan, desain wahana wisata alam terbuka pihaknya telah didesain sedemikian rupa untuk pembelajaran karakter. “Ini bisa didapat anak-anak melalui permainan yang sifatnya mendidik, belajar bersosialisasi dalam kerja sama tim, survive dalam menghadapi tantangan, serta masih banyak permainan serupa lainnya,” paparnya.
Adapun wahana yang disuguhkan, untuk anak di antaranya flying fox, titian tali, jaring laba-laba, jembatan goyang, terowongan ban, games tim, dan belajar menanam. Sementara untuk dewasa, disediakan area perkemahan, paintball, serta mobil ATV. Untuk melengkapi sarana wisata Bukit Pesona Alam Outbound, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas seperti musala, aula, serta gerai kuliner tradisional. 

Daftar Harga

- Paket Outbound Dewasa    : Rp 90 ribu per orang (maksimal 30)
- Paket Outbound Anak          : Rp 60 ribu per orang (maksimal 30)
- Paintball                                  : Rp 125 ribu per orang (maksimal 30)
- Paket ATP                               : Rp 20 ribu per orang (dua putaran)
- Paket Mobil Remote             : Rp 10 ribu per orang (tiga putaran)
- Sewa Inap (Gazebo)            : Rp 300 ribu per enam orang
- Sewa Tenda Dum                 : Rp 100 ribu per lima orang
- Sewa Aula                              : Rp 250 ribu per hari