21 November 2014

Travel Online Bukan Ancaman

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Kehadiran pelaku bisnis travel online di Makassar, menurut Branch Manager Dwidaya Tour cabang Makassar, Henny Astri Ningsih, bukan menjadi pengalang bagi perkembangan usaha travel yang telah memiliki standarisasi pelayanan dan alamat yang jelas. Pelayanan yang diberikan pelaku bisnis travel online masih sangat terbatas, dan sangat jauh berbeda dengan travel beralamat jelas.
Layanan yang diberikan pebisnis travel online, sebagian besar hanya pada penjualan tiket domestik. Sedangkan untuk tiket internasional itu sangat terbatas. Selain itu, perusahaan travel berlamat jelas tentu tidak perlu lagi dipertanyakan kredibilitasnya, karena sebagian besar sudah menjadi member dari organisasi nasional dan internasional. Hampir semua produk perusahan airlines yang ada di dunia, mereka jual dijual pihaknya.
Dengan adanya kantor yang jelas dan standarisasi pelayanan yang diberikan, Henny yakin masyarakat akan bisa melihat kredibilitas sebuah perusahaan travel. Dengan demikian, kehadiran pelaku bisnis travel online bukan ancaman bagi perusahaan travel, yang notabene memiliki kualitas layanan dan kredibilitas sudah terjamin.
Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri kehadiran pelaku bisnis travel online cukup mempengaruhi penjualan produk mereka. Akan tetapi, hal itu hanya terbatas pada pelanggan yang sifatnya “walk in” dan juga untuk tiket domestik.
“Di luar layanan itu, penjualan masih terus bergerak bagus sesuai yang diharapkan perusahaan. Saat ini Dwidaya Tour juga memilih fokus untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Makassar, dalam hal pelayanan meeting dan travelingnya. Dengan demikian, market perusahaan bisa tetap terjaga,” tandas Henny.