03 November 2014

Potensi Pisang Cavendish, Investor Malaysia Lirik Jeneponto

PISANG CAVENDISH - Sebagai Salah satu daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi nasional di atas rata-rata, Sulsel tidak luput dari incaran sejumlah investor asing. Kali ini perusahaan Malaysia yang bergerak di bidang perkebunan pisang cavendish, Agro Fresh Holdings Berhad (AFHB), berencana membuka kebun pisang seluas dua ribu hektare di Jeneponto. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Sebagai Salah satu daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi nasional di atas rata-rata, Sulsel tidak luput dari incaran sejumlah investor asing. Kali ini perusahaan Malaysia yang bergerak di bidang perkebunan pisang cavendish, Agro Fresh Holdings Berhad (AFHB), berencana membuka kebun pisang seluas dua ribu hektare di Jeneponto.
“Kami dari Pemprov Sulsel siap memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana pembukaan kebun tersebut,” ungkap Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, saat menerima perwakilan AFHB di Rujab Gubernur, belum lama ini.
Pada kesempatan tersebut, Syahrul berharap rencana tersebut dapat segera terealisasi, dan pencanangan dapat dilakukan pada hari jadi Sulsel, Oktober mendatang yang berlokasi di Kecamatan Bangkala, Jeneponto.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sulsel, Lutfi Halide, mengatakan, sudah siap membantu sehingga pencanangan penanaman pisang tersebut dapat terealisasi.
Sementara itu, Executive Chairman AFHB, Dato Aric Ng Wai Sing, menjelaskan, jika luas perkebunan dua ribu hektare tersebut hanya tahap awal dari rencana total 30 ribu hektare.
Lebih lanjut, ia mengemukakan perkebunan tersebut bakal menyerap 1.200 tenaga kerja. Adapun alasan pihaknya memilih Jeneponto sebagai lokasi pembukaan kebun karena berdasarkan survei yang dilakukan AFHB.
“Wilayah tersebut cocok untuk penanaman pisang cavendish. Jika terealisasi, Jeneponto akan menjadi kebun utama AFHB, dengan target produksi sekitar empat ribu ton pisang per minggu, dengan tujuan pasar ekspor Tiongkok dan Irak. Kami berharap pembukaan kebun segera terealisasi akhir 2014 ini,” imbuhnya.