06 June 2014

SELAMAT DATANG, FULECO ARMADILLO!

BLOGKATAHATIKU/EZTHIE F
Saatnya Dulang Laba di Pesta Bola

Piala Dunia 2014 baru akan dimulai 13 Juni mendatang, namun pernak-pernik perhelatan sepakbola terakbar di dunia tersebut sudah mulai diburu pecinta sepakbola Kota Makassar. Hal tersebut tentu menghidupkan sektor bisnis.
Jelang Piala Dunia 2014, pergerakan bisnis yang berkaitan dengan event tersebut mulai berjalan. Sejumlah perusahaan sudah membuat program untuk menarik masyarakat membeli produk ataupun layanan jasa yang diberikan. Menurut penggiat olahraga yang juga pemilik klub sepakbola Makassar United (MU), Ryan Latief, ini merupakan bukti bahwa olahraga mampu menggerakkan roda ekonomi kerakyatan, dan itu ditangkap peluangnya oleh pelaku bisnis.  
Sejumlah kafe, restoran, dan hotel sudah menyiapkan agenda program, untuk gelaran kegiatan nonton bareng (nobar) yang dilaksanakan di warung kopi oleh masyarakat strata bawah, hingga masyarakat strata atas yang lebih senang nongkrong di hotel dan kafe. Karena ini merupakan ajang olahraga akbar empat tahunan yang paling ditunggu, peluang pasarnya sangat besar. “Tinggal dibutuhkan kreativitas pelaku bisnis dalam mengemas program,” ungkapnya.
Di antara semua peluang bisnis yang ada, menurut Ryan, bisnis yang mendulang omset paling besar didapat penjual pakaian peserta Piala Dunia beserta aksesoris pertandingan sepakbola tersebut. “Bukan hanya pecinta sepakbola yang berburu pakaian Piala Dunia, orang-orang yang jadi penyemarak pun, mencari dan menggunakannya,” imbuh Ryan.
Salah satu perusahaan yang sejak sebulan lalu sudah mulai ramai dengan program Piala Dunianya adalah PT Sumber Alfaria Tijaya Tbk (SAT), pengelola jaringan ritel Alfamart dan Alfamidi. Kedua jaringan minimarket tersebut menjual secara eksklusif official licensed product FIFA World Cup Brazil 2014.
“Piala Dunia merupakan event akbar yang ditunggu-tunggu masyarakat. Kami bangga dapat berpartisipasi menjadi jaringan outlet yang menjual official licensed product FIFA World Cup Brazil 2014. Para penggemar bola dapat berburu beragam original merchandise FIFA di seluruh toko kami di seluruh Indonesia,” papar Managing Director SAT, Hans Prawira.
Original Merchandise FIFA World Cup 2014 yang dijual antara lain celengan, gantungan kunci, sport bottle, mug keramik, soccer ball, korek api, jersey anak, dewasa dan lainnya. Seluruh koleksi tersedia dalam tujuah varian negara, yaitu Argentina, Brasil, Inggris, Jerman, Belanda, Italia. Tidak ketinggalan juga dijual boneka Fuleco yang merupakan maskot FIFA World Cup 2014.
Dengan menjadi official licensed product FIFA World Cup Brazil 2014, Marketing Communication Manager SAT, Rani Wijaya berharap dapat menjadi tempat berbelanja yang tidak saja menyediakan produk kebutuhan pokok sehari-hari, namun juga menjadi toko komunitas yang aktif berpartisipasi di lingkungan sekitarnya, salah satunya komunitas penggemar sepakbola.
Selain minimarket, beberapa showroom pakaian yang berada di mal pun mulai menampilkan promo harga untuk produk-produk yang berkaitan dengan Piala Dunia 2014. Salah satunya Polo Ralph. Beberapa produk fashion dari brand asal Amerika Serikat tersebut menyajikan tema Piala Dunia 2014. Mulai kaos, jaket, sepatu, tas, dan topi. Tema negara pun beragam, Brasil, Jerman, Spanyol, Belanda, Amerika Serikat, Italia, Portugal, Perancis, Australia, dan Belanda.
Menurut Kepala showroom Polo Ralph Lauren, Herlina, khusus untuk menyambut Piala Dunia 2014, diberikan diskon 50 persen untuk semua item produk.
Sebulan sebelum digelar, diakui Herlina, pelanggan setia Polo Ralph Lauren sudah banyak yang mencari pernak-pernik Piala Dunia. Yang paling banyak dicari, kaus jersey negara peserta. Diantara sekian banyak produk Piala Dunia yang dijual, Herlina menjamin, hanya di showroom Polo Ralph Lauren bisa mendapatkan produk berkualitas standar internasional. (Yusuf Almakassary/blogkatahatiku.blogspot.com)