14 June 2014

FENG SHUI (1)

BLOGKATAHATIKU/IST
Energi Akuarium

BLOGKATAHATIKU - Arti kata Feng Shui adalah angin dan air. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan, selain itu air juga melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. 
Dalam ilmu Feng Shui, air dapat diwakili sungai yang jernih dan mengalir dengan lembut. Itu sebabnya, air mancur, kolam, dan akuarium bila ditempatkan dengan benar akan mendatangkan keberuntungan, serta berpotensi positif bagi keharmonisan, kerukunan, dan kesehatan. 
Air merupakan satu dari lima elemen yang ada pada manusia, yakni, air itu sendiri, kayu, api, tanah, dan logam. Kelima elemen tersebut saling berhubungan positif atau saling menghidupi. Secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut, air menghidupi kayu, kayu menghidupi api, api menghidupi tanah, dan tanah menghidupi logam, sedangkan logam menghidupi air. Uraian positif tadi bisa berlaku sebaliknya, yaitu saling merusak atau negatif. Air merusak api, api merusak logam, logam merusak kayu, kayu merusak tanah, dan tanah merusak air. 
Air merupakan elemen mutlak untuk meningkatkan energi positif dalam meraih keberuntungan, kesejahteraan, kekayaan, dan juga kesehatan. Jika kita akan menempatkan akuarium yang selaras dan seimbang sehingga bisa mempunyai energi positif, maka secara umum boleh di ruang tamu, ruang keluarga, atau di titik tertentu yang disesuaikan dengan jenis elemen penghuni rumah. 
Bisa juga ditempatkan di sektor utara sebab memang sektor utara lantaran Feng Shui adalah elemen air. Posisi akuarium di sektor utara rumah, misalnya di ruang tamu, maka akuarium bisa memperbanyak chi positif, seperti untuk bisnis. Namun ukuran akuarium, kolam, air mancur tidak boleh terlalu kecil karena tidak berfungsi dengan optimal. Juga tidak boleh terlalu besar sebab bisa merusak energi atau elemen dari penghuni rumah. 
Tetapi seseorang yang berelemen api dengan bisnis restoran harus hati-hati meletakkan akuarium dan ukuran harus proporsional sehingga tidak mematikan bisnisnya. 
Jika pakar Feng Shui menganalisa bahwa penghuni rumah sakit non medis, tetapi karena kekurangan elemen kayu dalam tubuhnya, maka akuarium bisa ditempatkan di sektor Timur dari rumah sehingga bisa memperbesar elemen kayu di badan dan akan menambah kesehatan. 
Perlu diperhatikan faktor kebersihan dari akuarium maupun kolam. Air harus selalu jernih, tidak berbau sebab jika air kotor akan menimbulkan chi yang buruk. Ukuran akuarium pun harus disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan pemasangan. Jadi tidak boleh sembarang saja.
Jenis atau macam ikan sebenarnya bisa segala macam jenis ikan hias, baik yang berasal dari laut maupun dari air tawar. Namun ada yang lebih menyukai ikan arwana atau ikan koki yang berwarna merah atau hitam. Berapa jumlah ikan yang harus dipelihara di akuarium? Hal ini relatif, tetapi sebaiknya jangan terlalu minim. Cukup bila di atas delapan ekor dengan kombinasi delapan warna merah dan satu warna hitam.