02 May 2014

PERKUAT SEKTOR NIAGA, PEMKAB KLUNGKUNG ADOPSI KEMAJUAN MAKASSAR

BLOGKATAHATIKU/EFFENDY WONGSO
Guna mengimplementasikan Kabupaten Klungkung, Bali, sebagai kota niaga, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta rombongan dari sekretariat daerah Kabupaten Klungkung melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke Kota Makassar, Jumat (2/5) pagi.
Tujuan kedatangan rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung tersebut juga untuk memperkuat basis pengembangan komunikasi, informasi, dan regulasi terkait program pengembangan daerah. Program kunjungan kerja dan studi banding tersebut berlangsung selama tiga hari, Jumat (2/5) hingga Minggu (4/5).
Rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, I Komang Dharma Suyasa, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol, I Wayan Parna, Kepala Bagian Umum Setda, I Made Seger, Kepala UPT Pasar Klungkung, I Komang Widyasa Putra, Kepala Sub Bagian Audio Visual dan Dokimentasi, Komang Agus Putra Sanjaya, dan beberapa perangkat daerah lainnya, disambut Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Burhanuddin, yang mewakili Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, di Ruang Pola, Lt 2 Kantor Wali Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Makassar.
Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kabupaten Klungkung, Burhanuddin juga memaparkan transformasi dalam pembangunan kota yang sudah dijalankan Pemerintah Kota (Pemkot Makasar), di antaranya pembenahan Perusahaan Daerah (PD) Pasar, peningkatan dan transparantif pengelolaan pajak penghasilan daerah dan kota, serta kegiatan pembangunan sektor perkotaan lainnya.
“Selama ini, Pemkot Makassar sudah membenahi banyak sektor supaya lebih transparantif. Ini semua sesuai visi pengembangan kota yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari penganggaran katering di lingkup Pemkot Makassar, di mana kami telah melakukan langkah reformatif dengan melakukan transaksional secara langsung, sehingga ini dapat meminimalisir ‘kebocoran’ yang dapat mengganggu kinerja Pemkot Makassar nantinya,” bebernya.
Sementara, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengungkapkan, tujuan kunjungan kerja pihaknya adalah untuk belajar lebih banyak terkait kemajuan Kota Makassar, khususnya di dalam sektor ekonomi dan perniagaan.
“Banyak hal yang perlu kami ketahui tentang kemajuan pesat yang dialami Kota Makassar. Ini yang akan kami aplikasikan di Klungkung nantinya. Beberapa program kerja Pemkot Makassar juga kami akan adopsi, meskipun secara geografis, Makassar dan Klungkung jauh berbeda, tetapi beberapa visi pembangunan kota dapat kami terapkan ke depan di daerah kami,” ujarnya.
Suwirta membeberkan, beberapa program kerja di daerahnya memang belum maksimal. Sektor-sektor lemah itu misalnya terkait pengelolaan PD Pasar yang masih terjadi reduksi dan inefisiensi. “Untuk itulah, kami perlu belajar memperbaiki pengelolaan pasar di Klungkung, salah satunya adalah bercermin dari keberhasilan pengelola pasar Pemkot Makassar. (blogkatahatiku.blogspot.com)