02 May 2014

GARUDA INDONESIA BANTU PROMOSI PARIWISATA BIAK

BLOGKATAHATIKU/EFFENDY WONGSO
Sebagai salah satu daerah kepulauan dengan beragam destinasi menarik, Biak Numfor, Papua, sangat potensial mendulang wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Melihat prospektif di bidang pariwisata tersebut, General Manager Garuda Indonesia Biak, I Wayan Supatrayasa, dalam jumpa pers di Garuda Travel Fair 2014, Atrium Mal Ratu Indah (MaRI), Jalan Sam Ratulangi, Makassar, Minggu (20/4), mengatakan, pihaknya akan membantu promosi pariwisata Biak.
“Rencananya, kami akan mengundang trave agent di Makassar, Bali, Jakarta, Surabaya, Jayapura, serta daerah-daerah lainnya untuk mempromosikan Biak,” ujarnya.
Salah satu upaya promosi yang akan dilakukan Garuda adalah dengan membuat film keindahan laut dan kekayaan budaya daerah itu, guna menarik minat wisatawan mengunjungi daerah tersebut.
“Alam laut Biak indah dan masih alami sehingga tidak kalah menarik dengan daerah lain untuk dinikmati wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Laut Biak dapat dijadikan sebagai tempat kegiatan snorkling, diving, dan fishing. Jika dipromosikan secara intensif, saya optimis dapat menjadi objek pariwisata andalan Biak Numfor,” ungkapnya.
Garuda Indonesia, sebut Wayan, dalam waktu dekat ini akan membantu promosi objek wisata Biak dengan membuat film tentang keindahan laut serta kekayaan budaya daerah itu. Di Mei ini, manajemen Garuda Indonesia Biak juga berencana mengundang pengelola biro perjalanan dan wisata dari Bali, Surabaya, dan Makassar untuk berkunjung ke Biak Numfor.
“Garuda Indonesia siap bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk membuat gebrakan pengembangan promosi pariwisata daerah ke berbagai lokasi di Indonesia dan luar negeri,” paparnya.
Wayan menambahkan, upaya promosi potensi pariwisata Biak Numfor oleh pemerintah daerah dan Garuda Indonesia, diharap dapat berkontribusi bagi kemajuan sektor pariwisata di daerah.
“Promosi pariwisata daerah Biak, tak hanya bergantung kepada Garuda semata, namun harus melibatkan berbagai instansi lainnya supaya lebih mengena dan tepat sasaran,” pesannya.
Menyinggung pembelian tiket pesawat menjelang liburan sekolah, Wayan mengatakan hingga saat ini jumlah permintaan tiket angkutan udara masih normal atau belum ada lonjakan signifikan.
Garuda Indonesia setiap hari mengerahkan pesawat Boing 737-800 NG untuk melayani rute Biak-Jayapura, Biak-Makassar dan Jakarta pulang pergi. Secara khusus, Wayan berharap agar warga Makassar bisa berkunjung ke Biak sebagai tujuan destinasi wisata domestik. Ini demi mendorong perkembangan pariwisata di Kota Biak.
Wayan juga menyarankan, penumpang bisa mengunjungi Hotel Asana Aero Wisata Resort milik PT Garuda Indonesia di Biak. “Target saya yang pertama untuk mengembangkan destinasi Biak adalah menggaet warga Makassar, agar mau berkunjung ke sana. Ya, seperti diketahui, banyak orang Bugis-Makassar yang mencari nafkah di Biak,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)