29 April 2014

TOYOTA LUNCURKAN ALL NEW YARIS

BLOGKATAHATIKU/EZTHIE F
Kalla Toyota sebagai salah satu main dealer resmi Toyota di Indonesia meluncurkan All New Yaris. Yaris kembali hadir dengan tampilan yang kian dinamis serta desain yang stylish. Ubahan total ini menciptakan Yaris dengan karakter Hatchback.
Hatchback yang dimaksud adalah bentuk mobil penumpang “2-Box “ berbasis sedan, dengan bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Pintu bagasi ini membuka ke atas dan ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang. Mobil dengan bentuk Hatchback biasanya termasuk kategori city car atau mobil mini, mobil kecil,  atau mobil kompak.
“Ini juga merupakan salah satu bukti jika Toyota selalu berinovasi dalam menjawab kebutuhan pasar, dengan menghadirkan produk-produk yang inovatif serta up to date,” ungkap Direktur Operasional PT Hadji Kalla, saat press conference peluncuran All New Yaris di Djuku, Lower Groud Trans Studio Mall (TSM), Makassar, Jumat (18/4) sore, di mana setelah press conference, acara dilanjutkan dengan peluncuran All New Yaris di Area Rooftop Mall GTC Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, pada malam harinya.
Hariyadi menjelaskan, lahirnya Yaris tidak lepas dari kehadiran dua generasi Toyota sebelumnya, yakni Toyota Starlet. Jenis mobil tersebut mampu menumbuhkan penggemar Hatchback, khususnya pada mobil Toyota di Indonesia.
Sebelumnya,Toyota Indonesia mengimpor Toyota Yaris dari Thailand sejak 2006 hingga 2013. Namun saat ini Toyota Yaris sudah diproduksi di dalam negeri melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) dengan konten lokal sebesar 60 persen.
“Sejak Yaris diperkenalkan, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengimpor Yaris dari Thailand. Sekarang, Toyota Indonesia diberi kepercayaan oleh principal untuk memproduksi Yaris melalui TMMI. Sekarang, Toyota Indonesia menawarkan pilihan Hatcback yang lengkap di semua kelas,” bebernya.
Sama halnya generasi sebelumnya yang mengedepankan unsur “Fun”, dengan tema-tema seperti All About Fun serta Fungressive, Hariyadi menyebut, All New Yaris pun hendak mengembalikan unsur Fun dalam sebuah Hatchback produk Toyota yang lebih dinamis dan agresif.
Adapun “Let The Fun Begin” adalah tema yang diusung All New Yaris dengan dimensi yang lebih besar untuk kenyamanan. “Nah, desain lebih berani serta fitur audio system yang dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia, jelas salah satu keunggulan Yaris ini,” tandasnya.
Perubahan yang signifikan memang terlihat pada desain eksterior All New Yaris. Dimensi yang berbeda membuat Yaris kian dinamis dan stylish. Trapezoidal Grille memberi penampilannya kian agresif. Nilai aerodinamis Yaris dibantu dengan penggunaan aero fin serta atap Catamaran. Pada varian tertinggi (TRD), The All New Yaris dilengkapi dengan projector headlamps dan lampu kabut sehingga terlihat kesan yang lebih mewah, sementara butiran ditampilkan rear-combination lamp yang selaras dengan “Keen Look” pada wajah depan.
Untuk menunjang penampilannya agar lebih sporty serta dinamis, TRD dan G dilengkapi dengan pelek alloy 16 inci, berdesain sporty dan pelek 15 inci standar pada varian E Grade. TRD Sportivo hadir dengan tampilan Full Aerotik, baik depan, samping hingga butiran yang dilengkapi spoiler. Sementara untuk varian G, lebih mengedepankan konsep stylish luxury dengan trapezoidal grille yang menegaskan tampilan agresif. Adapun tampilan varian E hadir dengan casual sporty.
Pada interior All New Yaris hadir dengan audio system canggih yang dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia. Entertainment System yang hadir pada varian E menawarkan fitur Audio Video Touchscreen yang mampu memutar DVD/MP3/WMA dengan tambahan Aux In, USB serta Bluetooth.
Untuk varian G dan TRD, konsumen akan diberikan audio system Information and Entertainment System. Sama halnya dengan varian E, namun dengan penambahan koneksi internet melalu Wifi. Pada varian ini juga terdapat aplikasi Toyota Move yang menghadirkan informasi seputar dealer, servis rutin, dan Toyota Update. Khusus pada varian TRD, ada tambahan kenyamanan berupa navigasi serta “Air Gesture”.
Dalam fitur pendingin, Varian E dan G menggunakan sistem manual, sedangkan TRD memberi fitur kenyamanan berupa kontrol panel otomatis. All New Yaris menggunakan mesin 1NZ-FE 4 Silinder 16 Valve DOHC VVT-i berkapasitas 1.497 cc. Tenaga yang dihasilkan adalah 109 PS dengan torsi 14.4 kg.m, dan memberikan akselerasi dan performa yang memadai.
Transmisi yang ditawarkan oleh All New Yaris adalah Manual lima percepatan serta otomatis empat percepatan. Untuk memenuhi permintaan pasar, All New Yaris memiliki total tujuh warna dengan satu warna baru, yaitu Frozen Blue Metallic, sedangkan pilihan warna yang tersedia adalah super white, silver metallic, gray metallic, attitude black mica, red mica metallic dan orange metallic. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)