01 April 2014

RAMAH TAMAH, SURYA PALOH SUMBANG MASJID CHENG HO GOWA

Foto: Effendy Wongso
Malam ramah tamah berupa makan malam bersama sejumlah tokoh Tionghoa dari berbagai elemen di Restoran Jameson’s, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sabtu (29/3/2014), yang difasilitasi calon legislatif (caleg) berdarah Tionghoa dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Melani Simon dan Arwan Tjahjadi, menghadirkan serangkaian acara seperti penyerahan bantuan pembangunan Masjid Cheng Ho di Kabupaten Gowa dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh kepada Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sulsel.
Sumbangan sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan masjid yang terletak di Jalan Tun Abdul Razak Gowa tersebut, diterima Ketua DPW Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sulsel, H Kwan John Adam dan Ketua DPD PITI Kabupaten Gowa sekaligus ketua panitia pembangunan Masjid Cheng Ho Gowa, H Suhardi. Masjid berarsitektur khas Tiongkok bernama lengkap Masjid Muhammad Cheng Ho ini dibangun akhir 2011, dan mulai digunakan umat muslim saat Ramadan 2013 lalu.
Sebelumnya, dalam sambutannya Surya Paloh meminta dukungan komunitas Tionghoa yang ada di Sulsel, khususnya di Kota Makassar untuk memenangkan kadernya, Melani Simon dan Arwan Tjahjadi. Pemilik Media Group yang membawahi stasiun televisi Metro TV dan Harian Media Indonesia ini melontarkan beberapa isu yang bakal diusungnya bila masyarakat, khususnya dari suku Tionghoa dapat memenangkan kader-kadernya.
“Nasdem sedari dulu mengusung pluralisme di Indonesia. Tidak ada lagi pengkotak-kotakan etnis karena semua warga negara, termasuk saudara-saudara dari suku Tionghoa adalah bagian dari Indonesia. Kita patut mengasihani mereka yang masih melakukan (pengkotak-kotakan) itu,” serunya.
Surya Paloh hadir di Makassar untuk kampanye dan sosialisasi pencoblosan Pemilu 2014 yang akan dilaksanakan Rabu, 9 April mendatang. Tampak dalam rombongan, caleg Partai Nasdem DPR RI Malkan Amin, caleg Partai Nasdem DPD RI Akbar Faisal, Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel Mubyl Handaling, serta Ketua Partai Nasdem Kota Makassar Rachmatika Dewi.
Sementara Arwan Tjahjadi mengungkapkan, ia dan beberapa kader muda Nasdem sangat mengapresiasi apa yang telah diusung partainya. Keseriusan dan komitmen pimpinan terasnya untuk mengimplementasikan pluralisme telah terlihat sejak lama, di mana salah satu media elektronik miliknya menghadirkan program berita berbahasa Mandarin. (blogkatahatiku.blogspot.com)