12 April 2014

PUPUT MELATI

Bisnis Busana Muslim untuk “Syiar”

Foto: Annisa
BLOGKATAHATIKU - Siapa yang tak kenal mantan artis cilik Puput Melati yang populer lewat lagunya “Satu Ditambah Satu” ini? Puput, demikian nama akrabnya, saat ini tengah merambah dunia bisnis dengan menjual busana Muslim. Ini pulalah yang menjadi kesibukannya setiap hari selain tetap menyanyi secara “off air”, sekaligus menjadi ibu rumah tangga yang baik bagi keluarganya.
Diceritakan, awal bisnisnya dimulainya sejak 2005 dengan berjualan baju reguler. “Pada saat itu saya belum berhijab. Setelah 2008, saya mulai berhijab sekaligus merancang busana Muslim dengan variasi dan model yang merupakan inspirasi saya sendiri,” ungkapnya.
Memodifikasi baju Muslim dan baju biasa, sebut Puput sudah menjadi kegemarannya sejak remaja. Adapun tujuan yang ingin ia capat dengan menjual baju Muslim atau hijab, adalah untuk menginspirasi wanita Muslim supaya tertarik mengenakan hijab. “Tujuan saya juga termasuk syiar (Islam). Saya berharap desain saya dapat diterima dan menjadi inspirasi wanita Muslim Indonesia agar mau berhijab,” ujar mantan istri Guntur Bumi ini saat ditemui di stannya, pada pameran Femme, Hotel Grand Clarion, Jumat (4/4/2014).
Terkait bahan dasar yang digunakan untuk busana produksinya, Puput mengatakan semua menggunakan bahan dalam negeri. “Bahan busanan saya semuanya berbahan dasar lokal. Adapun harga busana-busana saya itu, berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 800 ribu,” ungkapnya.
Dalam sehari, Puput mengaku bisa meraup omset hingga Rp 10 juta. “Selain butik, Puput juga menggunakan strategi pemasaran lewat online shop. Tak heran jika pelanggannya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.