29 April 2014

MOBIL PILIHAN WANITA, “MASKULIN” DAN MENANTANG

BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
Pergeseran tren penggunaan kendaraan roda empat membuat wanita tak lagi fokus pada mobil-mobil “feminin”. Mereka juga tak lagi mengandalkan mobil kecil seperti hatchback dan city car, sebab pengendara wanita Indonesia mulai mencoba bermain di mobil maskulin seperti sport utility vehicle (SUV).
Apa saja merek-merek mobil yang dipakai wanita di Indonesia? Dari data yang dilansir beberapa produsen otomotif, konsumen wanita tersebut cukup atraktif dengan banyak membeli mobil dengan fitur dan model yang sedikit “menantang” seperti Honda Jazz.
Mobil Honda Jazz sudah lama identik dengan kaum Hawa. Berkat keandalan dan keiritan bahan bakar minyak (BBM), mobil ini termasuk jawara di kelas hatchback. Apalagi dengan tampangnya yang keren, tidak salah rasanya jika mobil ini dipilih oleh wanita.
Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, presentasi pembeli wanita di Jazz mencapai 50 persen. Angka ini sebenarnya sama dengan Honda Freed. Namun populasi Jazz lebih banyak dari Freed.
Selanjutya ada Daihatsu Sirion. Dari total pembeli mobil kecil Daihatsu Sirion, sekitar 40 persen adalah wanita. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan komposisi ini cukup di luar dugaan sebab hampir separuh penjualannya jatuh pada wanita.
“Untuk Sirion, 42,2 persen pembelinya adalah wanita. Komposisi pembeli wanita juga terjadi di Terios Matik dengan 26,7 persen. Adapun Xenia dibeli konsumen wanita sampai 21,6 persen,” bebernya.
Ditambahkan, wanita yang menggunakan Terios rata-rata karena merasa nyaman “Mereka tidak merasa takut jalanan berlubang, rusak, dan banjir.Nah, data ini baru hasil survei 2013 lalu,” tandasnya.
Sementara, Nissan March tercatat sebagai mobil Nissan dengan komposisi kepemilikan wanita paling tinggi, yakni mencapai 55 persen. Angka ini mengalahkan angka persentase pemilik Livina perempuan yang mencapai 41 persen dari total pengguna.
Adapun Toyota Fortuner yang memiliki tampilan bodi besar, ternyata sangat menarik bagi wanita. Komposisi pembeli Fortuner, 66,7 persen wanita dan sisanya pria. Angka ini terbalik jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner model jadul. Jadi tren memang berubah, di mana wanita saat ini sangat terkesan dengan model terbaru Fortuner. Komposisi pembeli Fortuner sendiri mengalahkan mobil Yaris yakni 43,3 persen perempuan dan 56,7 persen pria.
Sedangkan Suzuki Karimun Estilo yang tampil “imut” dan lincah jadi andil ketertarikan wanita untuk memilikinya. Komposisi perbandingan antara pria dan wanita pembeli pengguna Estilo adalah pria 40 persen dan wanita 60 persen.
“Angka ini adalah angka tertinggi dibandingan produk-produk Suzuki lain,” ujar Public Relations Head at PT Suzuki Indomobil Sales Dimelza Sharindradini.
Masih ada sederet merek mobil yang diincar wanita. Sebut saja Mitsubishi Pajero Sport. Memang, untuk komposisi saat ini masih mayoritas pria, namun perlu diketahui jika sebelumnya mobil ini dipilih oleh pecinta otomotif lantaran tangguh di medan berat. (blogkatahatiku.blogspot.com)