05 April 2014

KINERJA PBN SULSEL CUKUP BAIK

Foto: Effendy Wongso
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Negara (PBN) Sulsel, Bilmar Parhusip, kini digantikan Alfiker Siringiringo yang sebelumnya adalah Kepala Kantor Wilayah Ditjen PBN Papua. Bilmar akan menjalankan tugas baru sebagai Direktur Pelaksana Anggaran Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan.
Bilmar pamitan kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Ia mengungkapkan terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin selama ini, dan telah mendapatkan penghargaan untuk level nasional.
“Khusus di 2013, kita selalu dapat rangking untuk level nasional,” katanya usai menemui Syahrul di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (27/3/2014).
Gubernur Sulsel berharap, pergantian posisi tersebut tidak mengganggu stabilitas kerja dan kerja sama dengan PBN, dan tetap terjalin dengan baik ke depannya. “Saya juga berterima kasih atas kerja samanya, dan selama ini tidak ada masalah. Semoga pejabat baru juga menjaga ritme kerja seperti Bilmar,” tuturnya.
Syahrul menambahkan, selama ini kinerja Kanwil Ditjen PBN cukup baik di mana penyerapan anggaran Sulsel selalu berada di atas 90 persen. Di kuartal pertama 2014, sudah terealisasi lima persen dari total Rp 16 triliun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
“Di awal tahun, baru terealisasi lima persen dari total ABBN yang disiapkan. Realisasi kali ini masih terbilang jauh dari semestinya. Di kuartal pertama seharusnya sudah terealisasi 10-15 persen,” urai Syahrul.
Menurut gubernur dua periode tersebut, hal ini terjadi lantaran belanja negara yang tidak stabil. Selain itu, pola penyerapan anggaran cenderung menumpuk di triwulan terakhir. Untuk itu, sebut Syahrul Ditjen PBN perlu melakukan beberapa langkah strategis seperti melakukan sinergi dengan kelembagaan negara, sosialisasi, dan memperbaiki sistem agar penyerapan anggaran dapat lebih baik.
“Saya berharap, ke depannya pejabat yang baru dapat melanjutkan dan mengatasi masalah tersebut,” pesannya. (Annisa/blogkatahatiku.blogspot.com)