06 April 2014

CALON PENSIUNAN, DILATIH KEWIRAUSAHAAN

Foto: Istimewa
Usia 58 tahun, merupakan usia pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hanya saja, di usia tersebut, banyak pensiunan yang ternyata masih produktif. Oleh karenanya, pensiunan perlu diberi pembekalan terkait alternatif pilihan aktivitas yang bisa mereka tekuni. 
Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) rupanya melihat hal itu. Korpri kemudian menggelar pelatihan kewirausahaan, khusus bagi anggotanya yang pra pensiun. Seperti dilakukan di Hotel Asyra, Jalan Maipa, Makassar, Rabu (26/3/2014) pagi.
Ketua Panitia Pelatihan, Indah Irawati menyebutkan, pelatihan dilakukan untuk membekali dan memotivasi calon pensiunan agar mampu menyesuaikan pilihan aktivitas dengan bakat dan potensi yang dimiliki. Kegiatan itu juga diharapkan mendorong pensiunan menemukan ide baru memulai usaha, khususnya UKM. Setidaknya, ada 157 calon pensiunan mengikuti kegiatan itu.
Asisten IV Bidang Administrasi dan Kepegawaian Kota Makassar, Ruslan Abu, menggatakan, berwirausaha merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan PNS saat memasuki masa purnabhakti. “Berwirausaha, pastinya bermanfaat bagi orang yang terbiasa aktif. Bila perlu, rencana merintis bisnis sesuai bidang, sudah terpikirkan sejak empat atau lima tahun sebelum pensiun,” pesannya.
Berdasarkan hasil survei, 80 persen masyarakat Indonesia belum siap pensiun. Jika hanya mengandalkan dana tabungan pensiun, tidaklah memadai. Oleh karenanya, kegiatan pada masa purnabakti perlu dilakukan untuk menambah kecerdasan finansial keluarga. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)