08 April 2014

Bercocok Tanam dengan Penerapan Teknologi

BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan (DP3K) Kota Makassar, melatih sekitar 100 siswa SMA/SMK se-kota Makassar tentang teknik bercocok tanam dengan penerapan teknologi pertanian modern. Kegiatan di Hotel Delta, Makassar, Kamis (3/4/2014) pagi, bentuk kepedulian pemerintah terhadap pertanian.
Kepala Bidang Pertanian DP3K, Andi Herliyani berharap, pelatihan bisa meningkatkan kepedulian pelajar dalam menciptakan lingkungan asri dan hijau, di sekolah maupun tempat tinggal.
Siswa diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya tanaman buah dalam pot yang menjadi salah satu pilihan di tengah keterbatasan lahan. Juga teknologi kebun vertikultura serta teknik penanaman bersusun, dengan jaminan volume tanam yang lebih banyak. “Pengembangan kota hijau Makassar membutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk siswa dan sekolah,” sebut Andi.
Staf Ahli Wali Kota Makassar, Chairul Andi Tau, mengatakan, pengembangan  pertanian secara khusus dapat menghasilkan komoditi pangan maupun holtikultura sebagai sumber gizi keluarga. Bahkan menjadi sumber pendapatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.
Para siswa menyambut baik kegiatan tersebut karena mendapat pemahaman dalam mengetahui cara pemamfaatan lahan sesuai strategi pembangunan kota. “Wali Kota mesti mengeluarkan kebijakan membatasi pembangunan gedung sehingga penghijauan lingkungan kota dapat terpenuhi,” saran seorang siswa, Andi Rahmat.