01 April 2014

BARONGSAI DILOMBAKAN PADA PON 2016

Foto: Effendy Wongso
Bentuk pengembangan terhadap olahraga barongsai diapresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan memasukkan barongsai sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Sulsel, Andi Darussalam Tabusalla saat membuka Kejuaraan Nasional Barongsai Celebes Open 2014 di Mall GTC, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Minggu (30/3/2014).
“Kegiatan rutin yang kesembilan kalinya digelar di GTC ini merupakan bentuk apresiasi terhadap barongsai, di mana barongsai saat ini tidak lagi sekadar seni bagi warga Tionghoa tetapi sudah menjadi salah satu cabang olahraga bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.
Pria yang akrab disapa ADS ini juga mengungkapkan, KONI Sulsel berharap ke depan barongsai dapat menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang medali bagi kontingen Sulsel di PON 2016. Untuk itulah, perlombaan yang digelar manajemen GTC dan Persatuan Seni Olahraga Barongsai Indonesia (Perobarin) Sulsel ini patut mendapat dukungan dari berbagai pihak.
Sebelumnya, dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Makassar, Rusmayani Madjid yang mewakili Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, kegiatan yang menampilkan atraksi barongsai, selain sebagai ajang olahraga berskala nasional juga merupakan salah satu bentuk destinasi seni dan budaya, serta menjadi daya tarik kepariwisataan Kota Makassar.
Menurutnya, di luar itu barongsai adalah bentuk asimilasi dari kebudayaan dan kultur Tionghoa dalam persatuan dan kebhinnekatunggalikaan di Indonesia. “Pemkot Makassar mendukung kegiatan barongsai seperti ini, karena inilah bentuk persatuan (budaya) yang menjadi kekuatan bangsa,” ujarnya.
Sebanyak 16 tim barongsai, baik dari dalam dan luar Kota Makassar saling beradu mempertunjukkan kemampuannya dalam atraksi barongsai tonggak di hadapan sejumlah juri. Saat dikonfirmasi sebelum perlombaan, Senin (24/3/2014), Advertising and Promotion Supervisor GTC, Reza Swiss Aldy menjelaskan panitia Kejuaraan Nasional Barongsai Celebes Open 2014 menyediakan total hadiah Rp 60 juta untuk pemenang.
Dua tim barongsai tuan rumah, Girinaga A dan Shaolin B tampil sebagai pemenang, dan berhak atas trofi serta hadiah uang tunai. Sebelumnya, lomba barongsai juga merupakan rangkaian penutup dari perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. (blogkatahatiku.blogspot.com)