15 April 2014

BANK DKI FOKUS PROGRAM UMKM

Foto: Ezthie Firmansyachban
Setelah ekspansi di Makassar pada 2013 lalu, Bank DKI Jakarta mulai mengembangkan usahanya di 2014 ini, dengan menyiapkan dana Rp 300 miliar untuk pengembangan pembiayaan ke sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun korporasi di Makassar.
Pemimpin Cabang Bank DKI, I Nyoman Budiono saat ditemui di kantornya, Jalan Cendrawasih, Makassar, Rabu (19/3/2014), mengatakan, untuk program selanjutnya Bank DKI akan lebih gencar menyalurkan kredit ke semua sektor, termasuk fokus menggarap UMKM.
“Kami melihat potensi pada sektor ini di Makassar sangat potensial, di mana Makassar merupakan kota yang pertumbuhan ekonominya cukup tinggi, terutama di sektor UMKM dan korporasi,” alasannya.
Nyoman menjelaskan, saat ini Bank DKI juga menawarkan berbagai produk unggulan guna memberi pelayanan prima dan maksimal kepada nasabah maupun debiturnya. “Makanya, kami menggunakan program Cash Manajemen Sistem (CMS) untuk memudahkan nasabah bertransaksi tanpa harus datang lagi ke kantor Bank DKI,” paparnya.
Selain itu, pihaknya menawarkan kredit bagi pengusaha yang bergerak di bidang UMKM dan korporasi. Menurut Nyoman, tidak ada angka maksimal namun hanya tergantung besarnya agunan dengan lama pinjaman yang bervariatif.
“Misalnya investasi pinjaman bisa lima, delapan, dan sepuluh tahun, tergantung jenis usaha nasabah. Sementara untuk jenis kredit pemilikan rumah (KPR), lama pinjaman bisa 10 tahun maupun 15 tahun,” ungkapnya.
Terkait persaingan yang ketat di industri perbankan, Nyoman mengatakan bahwa bank yang mayoritas sahamnya milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sudah menyiapkan berbagai produk bisnis yang lebih mengarah ke kredit berbagai sektor. Pasalnya, persaingan bisnis dengan bank-bank milik pemerintah yang ada di Kota Makassar mengharuskan pihaknya inovatif menggarap multisegmen bisnis.
“Justru kami menganggap bank-bank yang ada saat ini bukanlah sebagai kompetitor, tetapi sebagai mitra karena memiliki pangsa pasar masing-masing. Kuncinya, bagaimana kami dapat meningkatkan layanan dan edukasi terhadap nasabah. Termasuk menawarkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di Makassar,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)