31 March 2014

SMARTPHONE DIMINATI, PERMINTAAN NOTEBOOK TURUN

Foto: Effendy Wongso
Di balik maraknya penjualan tablet dan smartphone yang kian canggih, ternyata sangat berimbas ke angka penjualan notebook yang menurun. Pengelola Notebook Center yang berada di Lantai 2 Blok F2-F3, Makassar Trade Center (MTC), Ichsan mengakui adanya penurunan terhadap permintaan konsumen pada notebook.
“Hal ini terjadi karena konsumen lebih mengalihkan budget belanjanya ke perangkat smartphone atau tablet. Penurunan permintaan konsumen terhadap notebook mencapai 80 persen,” ungkapnya, Senin (10/3/2014) siang.
Ichsan menambahkan, penurunan mulai terlihat di pertengahan 2013 lalu, dan sangat terasa di akhir tahun dan awal 2014 ini. Hal ini juga terlihat dari kurangnya jumlah permintaan konsumen terhadap jenis notebook. “Tahun kemarin kami masih menjual 30 unit dengan berbagai merek per hari, tetapi di tahun ini hanya 15 unit,” bebernya.
Dijelaskan, jenis fitur yang semakin lengkap, harga yang semakin kompetitif, dan gaya hidup dengan mobilitas tinggi membuat smartphone serta tablet menjadi pilihan utama konsumen dibandingkan notebook. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan paling mendasar konsumen beralih ke perangkat mutakhir lainnya.
Di lantai yang sama, blok M6-M7 MTC, Marketing HnD Computer, Toni Kurniawan mengatakan hal yang serupa, di mana pada pertengahan 2013 lalu, penjualan komputer terutama jenis notebook menurun sangat drastis hingga tahun ini.
Penurunan diakuinya mencapai 50 persen. Hal tersebut terlihat dari jumlah pengeluaran barang per minggu tahun kemarin dan 2014 ini. “Di 2013, per minggunya kami biasa mengeluarkan 15-20 unit dengan berbagai merek, tetapi mulai awal 2014 sudah terjadi penurunan dengan jumlah penjualan yang hanya mencapai 10-15 unit per minggunya,” ungkap Toni.
Kendati ada penurunan permintaan barang, namun dari segi harga tetap stabil. “Harga tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan. Harga tetap stabil, dan sama seperti tahun kemarin,” tandasnya. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)