14 March 2014

PUALAM RATU MUDA, PERKAYA KHAZANAH KULINER DI MAKASSAR

Foto: Chaerani
Kota Makassar yang selalu diidentikkan dengan kota wisata kuliner memang ada benarnya. Hal tersebut terbukti saat Restoran Pualam Ratu Muda mengadakan grand opening di Jalan Muchtar Lutfi, Makassar, Rabu (5/3) siang.
Memang, kehadiran salah satu restoran seafood terbesar di kota berjuluk “Kota Daeng”  ini dapat mengakomodir pecinta kuliner, khususnya penggemar kuliner dan menu masakan laut. Meski dalam penyajian modern dan internasional, namun citarasa kuliner tradisional yang merupakan karakteristik daerah tak ditinggalkan.
Restoran yang berdiri di atas tanah seluas 150 meter ini dikerjakan hanya dalam tempo empat bulan. Interior maupun ekterior ruang rumah makan ini sendiri terdiri dari ornamen-ornamen bertaraf international, mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.
“Dengan fasilitas empat jenis ruangan, tiga hall untuk very important person (VIP) yang bisa menampung 50 sampai 100 orang, dan satu ruangan hall besar yang dapat menampung 800 orang pengunjung, memang menambah kemegahan restoran ini,” jelas pemilik restoran, Abdul Latif Makka saat ditemui pada grand opening Restoran Pualam Ratu Muda, Jalan Muchtar Lutfi, Makassar, Rabu (5/3/2014) siang.
Pualam sendiri adalah singkatan dari “Punya Abdul Latif Makka”, pemiliknya. Fasilitas menarik yang ditawarkan restoran ini yakni penyediaan kolam ikan hidup yang nantinya akan ditangkap, dan langsung diolah serta disajikan koki andal sesuai pesanan pengunjung. “Menjual ikan segar yang masih hidup dan dihidangkan belum pernah ada di seluruh restoran di Makassar,” akunya.
Dua kolam ikan yang terdiri dari kolam khusus jenis ikan laut dan ikan air tawar adalah hal yang terunik di Pualam Ratu Muda. “Kita Menyediakan hampir semua jenis seafood seperti ikan laut dan darat (air tawar). Tinggal pengunjung memilih, mana yang mereka suka,” terangnya.
Menu yang ditawarkan ada 30 item, di antaranya Cumi Saus Thailand, Cumi Saus Bangkok, Udang Singapura, Udang Saus Thailand, Sunu Goreng, Sunu Fillet, Sunu Asam Manis, Ayam Goreng, Ayam Saus Thailand, Sup Kepala Ikan, Sapo Tahu Tripang, Pochai Saus Thailand, Mie Singapura, dan buah-buahan segar lainnya.
Namun yang menjadi menu andalan Pualam Ratu Muda adalah ayam goreng dan seafood. Untuk harga, pihak manajemen membanderolnya dengah harga bervariasi. Jenis ikan baronang dan kakap ditawarkan dengan harga Rp 70 ribu per porsi. “Sampai seminggu ke depan sejak pembukaan, kami adakan promo untuk Ayam Goreng dengan harga Rp 9 ribu per potong,” jelas Latif.
Restoran yang dibangun dengan modal Rp 12 miliar ini memiliki 200 orang karyawan, di mana nantinya mereka memiliki jadwal tugas dan shift masing-masing, karena restoran ini akan melayani masyarakat Kota Makassar selama 24 jam.
Selain sekadar bersantap siang atau malam, restoran ini juga menyediakan kuliner untuk acara pernikahan, ulang tahun, arisan, dan meeting. “Untuk menu reservasi, tergantung kebutuhan konsumen,” jelasnya.

Diresmikan Wali Kota Makassar

Dalam kegiatan grand opening Pualam Ratu Muda ini, hampir semua perwakilan dari instansi pemerintahan, perbankan, dan masyarakat turut berpartisipasi mencoba menu, fasilitas, maupun sarana yang disediakan.
Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin mengungkapkan apresiasinya saat meresmikan pembukaan restoran tersebut. Dikatakan, dengan hadirnya restoran yang tergolong megah di Kota Makassar ini, maka pihaknya cukup merasa bangga lantaran Pualam Ratu Muda menambah khazanah wisata kuliner di Kota Anging Mammiri.
“Restoran Pualam ini merupakan salah satu resto di antara ribuan tempat maupun wisata kuliner yang menjadi daya tarik Kota Makassar. Mewakili Pemerintah Kota Makassar, secara instansi saya menyampaikan selamat atas pembukaan restoran dengan sajian beragam kuliner serta fasilitas pelayanannya yang baik,” paparnya.
Ilham juga berharap, ke depan restoran ini akan menjadi salah satu restoran yang memiliki keunikan tersendiri, di mana dengan kapabilitas penyediaan menunya yang bervariasi didukung daya tampung pengunjungnya yang lapang, maka dapat menarik minat para pecinta kuliner untuk bersantap di Pualam Ratu Muda. Bahkan, tak hanya masyarakat Makassar, namun juga warga dari luar kota.
“Nah, dengan mempertahankan citarasa dan pelayanan yang baik kepada pegunjung, maka restoran ini akan mampu berkembang lebih jauh lagi,” tandasnya. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)