27 March 2014

PROGRAM PRIORITAS DAN RENCANA KERJA SKPD 2015

Foto: Dok KATA HATIKU
Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin berharap, forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar yang membahas program prioritas dan rencana kerja SKPD 2015, harus selaras dengan program wali kota terpilih 2014-2019, Dhani Pomanto-Syamsu Rizal (DIA).
Pasalnya, masa jabatan Ilham sebagai wali kota Makassar akan berakhir 8 Mei mendatang, digantikan oleh wali kota terpilih. Ia mengaku, untuk program pembangunan berkelanjutan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus  memperhatikan dokumen perencanaan dan visi misi wali kota terpilih, sehingga terjadi sinkronisasi antara program dan kegiatan pada pemerintahan yang akan datang.
"Masa kepemimpinan saya tinggal dua bulan lagi, dan akan dilanjutkan oleh wali kota selanjutnya. Agar implementasi kebijakan pemerintah berdampak positif dan maksimal bagi masyarakat, pembahasan program yang dikoordinasikan melalui forum ini, harus bersinergitas dengan program pembangunan yang diusung wali kota terpilih,” kata Ilham, dalam sambutannya saat membuka Forum SKPD di Hotel Santika, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (19/3/2014) pagi.
Menurut wali kota dua periode ini, rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) harus mengintegrasikan pencapaian target kinerja standar pelayanan minimal (SPM). Program  dan kegiatan harus dapat terukur, dan memuat indikator kinerja kegiatan yang baik. “Agar tidak ada tumpang tindih kegiatan, perlu dilakukan analisis dan evalusai secara berkala,” jelasnya.
Ilham menambahkan, perumusan awal RKPD 2015, harus mempertimbangkan sasaran pembangunan milenium (Millenium Development Goals/MDG's) dan menghadapi tantangan persaingan global. Caranya, adalah dengan meraih peluang saat memasuki integrasi ekonomi Asean yang dikenal dengan Asean Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai 2015 mendatang.
Sementara Kepala Badan Pengawas Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Syahril Sappaile mengatakan forum SKPD merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan Musrembang tingkat kota yang substansinya adalah pemaparan dari rencana program kegiatan yang bakal dilaksanakan masing-masing SKPD pada anggaran 2015.
“Rencana program kegiatan yang bakal dilaksanakan masing-masing SKPD pada 2015, akan disinkronisasikan dengan usulan masyarakat yang diinventarisir dari hasil Musrembang,” ujarnya.
Kegiatan yang diikuti seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar ini dilaksanakan melalui metode diskusi kelompok, terbagi atas empat bidang di antaranya ekonomi, sosial budaya, fisik, dan pemerintahan umum. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)