18 March 2014

PERSAINGAN PRODUK TI TERBARU

Foto: Effendy Wongso
Selain promo harga, kehadiran produk-produk baru dari beberapa brand teknologi informasi (TI) ternama juga sangat menarik minat pengunjung MBCS 2014. Vendor lokal SpeedUp Technology Limited (SpeedUp) yang berada di zona gadget tidak mau ketinggalan. SpeedUp meluncurkan produk mobile baru dengan OS Android 4.4 KitKat. Produk SpeedUp kali ini bukanlah smartphone ataupun tablet, tetapi jam tangan pintar alias smartwatch. Untuk pertama kalinya di Indonesia, smartwatch milik SpeedUp dipamerkan.
SpeedUp SmartWatch memiliki layar sentuh berbentang 1,54 inci (240 kali 240 piksel), prosesor MIPS Imagination 1GHz single-core, ROM 4GB, RAM 512MB, Bluetooth 4.0 BLE, berat 42,5 gram, dimensi 49,4 kali 38,5 kali 12,2 milimeter, dan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 48 jam. Perangkat ini juga memiliki fitur antiair dengan sertifikasi IP57.
Selain fungsi utama jam tangan dalam menampilkan waktu, tanggal, dan kondisi cuaca, SpeedUp SmartWatch bisa memperoleh push notification dari perangkat Android dan iOS yang terhubung dengannya. Pengguna akan melihat notifikasi panggilan masuk, seperti chat BBM, WhatsApp, dan lain-lain, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain, email, alarm, serta kalender dengan mudah.
SpeedUp SmartWatch tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni merah, hitam, dan biru. Perangkat ini sudah mulai dibuka pemesanan awal seharga Rp 1.249.000 selama ajang MBCS 2014. Harga normal perangkat ini adalah Rp 1.599.000. Selanjutnya yang telah melakukan preorder akan memiliki produk tersebut pada akhir Maret 2014.
“Yang sudah melakukan preorder saja itu sudah mencapai 400-an orang,” ungkap Area Sales Manager SpeedUp area IV Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan, Sri Ayu Wulandari.
Tidak tanggung-tanggung, menurut Sri, SpeedUp menargetkan penjualan perdana mencapai seribu unit, khusus untuk Kota Makassar. Optimisme tersebut mengingat desain dari smartwatch itu sangat stylish dengan keunggulan yang belum dimiliki produk sejenis dari brand lain. Kehadirannya juga ditunjang oleh layanan purnajual di service centre yang berlokasi di Jalan Sungai Saddang Baru, Makassar.
Bukan hanya itu, salah satu peserta dari zona entertaiment juga mengeluarkan produk baru, yaitu Auto Sound Gallery yang menghadirkan produk-produk unggulan di seputar dunia otomotif, yaitu Sony Car Audio Product. Tema Sony Car Audio product tahun ini adalah Connectivity. Sony Car Audio memperkenalkan jajaran produk Audio Video (AV) Centre terbarunya.
Produk terbaru Sony AV centre dilengkapi dengan fitur tercanggih dan paling mutakhir untuk tren teknologi dunia audio mobil. Kabar yang paling menggembirakan adalah semuanya ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif. Salah satu produk terbaru Sony di 2014 adalah tipe XAV 65, AV centre entry level dengan kualitas branded yang dibanderol harga sangat ekonomis.
Produk selanjutnya adalah yang mengusung fitur connectivity mirrorlink yaitu tipe XAV 601, XAV 741 dan XAV 701. Sekali lagi dengan teknologi Sony di tipe XAV 601 dilengkapi keistimewaan sistem detachable front panel untuk alasan safety. Dalam waktu dekat Sony Car audio juga akan meluncurkan dua tipe AV centre premium tercanggih yang mengusung fitur teknologi connectivity MHL dan Mirrorlink. Produk itu  tentu akan semakin memudahkan konektivitas dalam era kecanggihan teknologi sekarang.
Khusus selama penyelenggaraan pameran MBCS 2014 kemarin, Sony  memanjakan pengnjung dengan mempersembahkan program-program menarik. Salah satunya yaitu Sony XAV 65-AV centre branded pertama yang memiliki harga jual ritel di bawah Rp 3 juta, khusus di area pameran, di mana produk tersebut ditawarkan hanya dengan harga Rp 2.600.000.
Tidak hanya  itu, produk Sony XAV 601BT - AV centre Android pertama di dunia dengan system detachable front panel pun dijual dengan harga spesial Rp 4.500.000.  Bahkan ada promo menarik lain, yakni free camera parking seharga Rp 450 ribu, merchandise USB Sony 4GB, Thumbler Sony, dan free voucher cashback Rp 250 ribu untuk pembelian Sony XPERIA, serta kemudahan transaksi program cicilan nol persen apabila menggunakan kartu kredit BNI.
Pada Zona Komputer, ada brand Axioo yang meluncurkan jajaran tablet-tablet terbaru, di antaranya Tablet All in One PC RRC 825 dan Tablet Mimo. Tidak hanya launching tablet, Axioo juga menyiapkan hadiah langsung Mouse wireless untuk setiap pembelian notebook Axioo. Sementara itu, Lenovo juga menghadirkan produk Lenovo Tablet Yoga. Tablet ini diperkenalkan dengan dua varian layar 10 inci dan delapan inci.
Tablet dengan resolusi grafik 1280 kali 800 piksel ini punya desain unik. Tablet ini mengusung mode yang dikenal dengan sebutan mode hold, tilt dan stand. Fitur silinder memungkinkan pengguna untuk memegang tablet ini. Bagian silinder tersebut juga berfungsi sebagai “bantalan” untuk memiringkan tablet dari 110 derajat hingga 135 derajat saat ditidurkan. Selain itu, bagian silinder ini terdapat kaki yang bisa diputar dan membuat Yoga Tablet bisa berdiri sampai 90 derajat.
Baterai tablet diklaim mampu bertahan selama 18 jam. Baterai memiliki kapasitas 6.000mAh untuk versi delapan inci, dan 9.000mAh untuk versi 10 inci. Baterai yang digunakan itu mengadopsi teknologi baterai yang biasa pada perangkat laptop. (Yusuf A/blogkatahatiku.blogspot.com)