15 April 2015

PERKUAT BASIS JARINGAN, XL AKUISISI AXIS

Foto: Effendy Wongso
PT XL AxiataTbk (XL) secara resmi mengumumkan bahwa perseroan telah menyelesaikan kesepakatan akuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS) dengan nilai transaksi 865 juta dolar AS.
Nilai akuisisi sebesar 865 juta dolar AS, XL mendapatkan pinjaman dari Axiata sebagai pemegang saham XL sebesar 500 juta dolar AS. Sisanya 365 juta dolar AS didapatkan dari pinjaman pihak ketiga yaitu dari Bank UOB, Bank of Tokyo-Mitsubishi, dan Bank DBS.
Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatangan dokumen penyelesaian transaksi pada 19 Maret 2014 antara XL dan STC. Dengan demikian, XL secara resmi telah menyelesaikan proses akuisisi dan menjadi pemegang saham mayoritas di AXIS.
Penyelesaian proses akuisisi tersebut dicapai setelah XL memperoleh seluruh persetujuan yang dipersyaratkan sebelumnya dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA). Syarat yang telah dipenuhi XL  meliputi persetujuan dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo), persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pernyataan tidak ada keberatan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk rencana akuisisi, persetujuan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap rencana akuisisi dan merger XL-AXIS.
Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, dalam rilisnya mengatakan selesainya transaksi akuisisi tersebut, XL telah resmi menjadi pemegang saham di AXIS. “Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi atas dukungan berbagai pihak, terutama regulator, pemegang saham, dan konsumen XL dan AXIS, sehingga proses akuisisi ini dapat terlaksana,” ujarnya.
Ditambahkan, setelah proses akuisisi rampung, XL selanjutnya menyelesaikan serangkaian proses menuju finalisasi merger sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Andi Tenriajeng