18 March 2014

PENJUALAN GADGET CHINA LARIS

Foto: Effendy Wongso
Penjualan gadget yang berupa tablet, Ipad dan telepon seluler (ponsel) berbagai merek produksi China selama 2013 hingga pekan kuarta pertama 2014 tumbuh pesat. Ini dilihat dari tingkat penjualan di sejumlah gerai penjualan ponsel yang ada di Kota Makassar.
Kasir gerai penjualan ponsel Sabar Jaya, Jalan Gunung Bulusaraung, Makassar, Lina mengungkapkan sejak Oktober 2013 lalu hingga saat ini angka penjualan mencapai 70 persen dibanding beberapa tahun silam. Ia menyebut, rata-rata ponsel produksi China dapat terjual 20 unit per hari. Demikian halnya tablet produksi China, di mana selama aplikasi Android merajai aplikasi peranti seluler, pihaknya dapat menjual 10 unit gadget jenis tablet per harinya," terangnya, Selasa (11/3/2014) siang.
Harga yang terjangkau pada semua kalangan masyarakat, baik kelas bawah dan menengah dengan kelengkapan fitur yang dibutuhkan diyakini menjadi penyebab melesatnya penjualan ponsel produksi China. “Harga yang ditawarkan untuk ponsel berkisar Rp 185 ribu hingga Rp 2 juta, sedangkan jenis tablet mulai Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta, tergantung merek yang diinginkan,” tambahnya.
Dengan berbagai merek produksi China yang ditawarkan di gerainya, sebut Lina hanya beberapa merek yang banyak diminati pembeli, seperti Mito dan Evercoss pada jenis ponsel dan tablet. Hal senada juga diungkapkan seorang karyawan gerai smartphone di Jalan Gunung Bulusaraung, Sri Asmianti. Disebutkan, selama tahun ini angka penjualan cukup banyak, kurang lebih 10 unit per hari dengan berbagai merek buatan China.
“Untuk ponsel buatan China, merek Evercoss dan Mito yang paling banyak digemari. Sedangkan jenis tablet, merek Advance yang laris, di mana dapat terjual dua sampai empat unit per hari,” sebut Sri.
Dari pantauan, pelanggan yang datang membeli rata-rata dari berbagai kelompok usia, mulai remaja hingga orang dewasa. Adapun buruan gadget mereka selain merek buatan China, juga merek sohor lain seperti Nokia dan Samsung. (Chaerani/blogkatahatiku.blogspot.com)