05 March 2014

MBCS 2014, ERA BARU PAMERAN TEKNOLOGI

Era Baru Pameran Komputer, Gadget, dan Entertainment

Foto: Effendy Wongso
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah persentase penggunaan teknologi informasi (TI) terbesar di dunia. Hal ini terlihat dari nilai belanja produk TI Indonesia tahun ini diperkirakan mencapai 16,4 miliar dolar AS, yang dialokasikan untuk hardware, software, dan services. Jumlah ini naik 12,5 persen dibanding estimasi belanja 2013 yang mencapai 14,7 miliar dolar AS. Sedangkan penjualan unit gadget, tablet dan smartphone, terjual sekitar lima juta unit di Indonesia atau naik  38 persen dibandingkan 2013, sebesar 3,6 juta unit.
Hal tersebut diungkapkan oleh Branch Manager Dyandra Promosindo Makassar, Mawardha DJ pada saat jumpa pers terkait Mega Bazaar Consumer Show (MBCS) 2014 di Press Room Celebes Convention Centre (CCC), Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (5/3/2014) siang.
Peningkatan ini, sebutnya tidak terlepas dari penemuan Wearable Device, sebuah teknologi yang dikemas dalam sebuah aksesoris yang digunakan sehari-hari, yang memungkinkan tekonologi terkini dapat saling terintegrasi antar-devices, mulai dari dunia komputer, handphone, otomotif, home appliance, fotografi, audio-video, dan masih banyak lagi, baik dengan menggunakan wireless maupun internet.
“Di tengah makin meluasnya perkembangan industri TI ini, pameran masih menjadi pilihan para produsen untuk memperkenalkan produk dan varianter baru sekaligus menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan,” jelas Mawardah.
Ditambahkan, untuk itulah PT Dyandra Promosindo kembali menyelenggarakan pameran TI pertamanya di awal 2014 ini. Namun yang membuat penyelenggaraan tahun ini lebih spesial adalah penyelenggaraan kali ini merupakan pameran perdana dari transformasi Mega Bazaar Computer (MBC) menjadi Mega Bazaar Consumer Show (MBCS) 2014.
“Seperti kita ketahui, ‘Consumer Show’ dirasa lebih merepresentasikan dunia TI yang saat telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Nah, kehadiran MBCS 2014 diharapkan menjadi tolok ukur era baru pameran komputer, gadget, dan entertainment di Indonesia,” paparnya.
Lebih jauh, Mawardah mengatakan bahwa pameran di awal tahun ini melanjutkan kiprah sukses MBC yang telah diselenggarakan selama 19 kali di Indonesia. Hal senada juga diungkapkan oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sulsel, Maxsi Totok Kurniawan. Dikatakan, event seperti ini berkontribusi mendistribusikan produk IT lokal sehingga dapat berjaya di negeri sendiri. (blogkatahatiku.blogspot.com)