08 March 2014

MBCS 2014, DIRAMAIKAN LOMBA FOTOGRAFI

Foto: Effendy Wongso
Mega Bazaar Consumer Show (MBCS) 2014 yang telah memasuki hari ketiga penyelenggaraannya sejak Rabu (5/3/2014) dan akan berakhir Minggu (9/3/2014), tetap dibanjiri pengunjung. Pameran produk informasi teknologi (IT) yang didukung Asosiasi Pengusaha Komputer (Apkomindo) ini, menghadirkan tiga zona industri dalam satu kemasan, yakni zona komputer, zona gadget, dan zona entertainment.
Tentu saja, pameran MBCS 2014 yang digelar di Celebes Convention Center (CCC), Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar ini, memiliki nilai plus bagi masyarakat Makassar dan sekitarnya. Pasalnya, cakupan peserta MBCS 2014 yang semakin luas ini diyakini dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengunjungnya, mulai dari komputer untuk pekerjaan, bisnis, hiburan, gadget, smartphone, dan notebook untuk berbagai kebutuhan dan gaya hidup.
Selain itu, bagi penyuka musik, event ini menawargan beragam perlengkapan entertainment seperti audio-video. Begitu pula bagi pecinta otomotif, di mana dalam ajang ini bisa memburu aksesoris mobil mutakhir. Tidak salah bila pameran MBCS 2014 semakin dipadati pengunjung, baik saat pembukaan di hari pertama sampai memasuki hari kedua dan ketika, di mana tercatat event dikunjungi 13.500 orang.

Interaksi dan Kompetisi

Tidak hanya program dan produk dari peserta MBCS 2014 saja yang berhasil memukau masyarakat Makassar dan sekitarnya, tetapi suguhan program acara dan kompetisi yang telah disiapkan PT Dyandra Promosindo sebagai pihak penyelenggara juga berhasil menjadi daya tarik.
Sesuai pembagian zona industri di MBCS 2014, kompetisi pun disiapkan sesuai zona-zona tersebut. Di zona komputer, MBCS 2014 menantang pengunjung yang mengaku berwawasan luas terhadap perkembangan TI lewat “Kuis Benar atau Salah”, sejak hari pertama Rabu (5/3/2014) hingga hari keempat Sabtu (8/3), sekitar 10-15 peserta mengikuti babak penyisihan, cukup hanya dengan memberikan jawaban “Benar” atau “Salah” untuk semua pernyataan yang dilemparkan panitia.
Peserta yang mampu menjawab pernyataan dengan tepat berhak menunjuk peserta lainnya untuk menjawab pernyataan lain dari panitia, bila jawaban dari peserta yang ditunjuk salah, secara otomotis akan diskualifikasi dan begitu seterusnya.
Di hari terakhir, Minggu (9/3/2014) masing-masing peserta yang berhasil lolos selama empat hari babak penyisihan akan kembali ditantang untuk memperebutkan satu unit tablet Lenovo A1000. Kompetisi lainnya di zona komputer adalah game online competition, yang bekerja sama dengan Komunitas Warnet Indonesia (KWM) dengan mempertandingkan game online dan counter strike. Bagi gamers, kompetisi ini tentu tidak boleh dilewatkan.
Sementara di zona gadget, kompetisi yang juga disiapkan panitia sejak hari pertama MBCS 2014 dan yang tidak kalah menariknya adalah kompetisi menggunakan tablet “Plants vs Zombie”. Game di bawah asuhan sistem operasi Android ini menantang pesertanya untuk memusnahkan mayat hidup (zombie) yang berkeliaran di perkebunan. Peserta yang mampu memperoleh nilai tertinggi akan keluar menjadi pemenang, dan berhak atas hadiah handphone Evercoss.

Workshop dan Lomba Fotografi

Tidak hanya bagi gamers, bagi pemilik gadget, kompetisi “Photography Competition with Your Phone”, menantang peserta untuk membidik objek dengan menggunakan kamera handphone tanpa aplikasi. Peserta dengan bidikan objek terbaik akan memperoleh satu unit smartphone Lenovo.
Tidak ingin kalah dengan program kompetisi di zona lain, zona entertainment juga siap menantang pengunjung lewat kompetisi “Presenter Challenge” yang bekerja sama dengan komunitas Broadcasting Study Club (BSC) Universitas Fajar Makassar, yang menantang pesertanya unjuk kebolehan menjadi presenter dan melakukan live report dengan andal. Peserta terbaik akan memenangkan satu unit handphone Smartfren S5E 7 inci, juga merchandise dari Wardah Cosmetic plus sertifikat dan tropi.
Sedangkan satu unit handphone Smartfren E1C dan merchandise dari Wardah Cosmetic yang disertai sertifikat plus tropi akan dibawa pulang oleh pemenang kedua. Pemenang ketiga juga tidak akan pulang dengan tangan kosong, sebab satu unit handphone Evercoss A5B dan merchandise dari Wardah Cosmetic disertai sertifikat plus tropi akan menjadi miliknya. Akan dipilih juga peserta dengan wardrobe dan tata rias terbaik untuk memboyong gelar “Your Favorite Beauty” persembahan dari Wardah Cosmetic, di mana pemenang kategori ini berhak membawa pulang sebuah merchandise dari Wardah Cosmetic.
Kompetisi menarik bagi pecinta fotografi juga akan hadir pada Sabtu (8/3/2014), di mana peserta fotografi diadu menghasilkan jepretan yang indah, dengan objek bidikan model Makassar, Jennifer Tungka dan beberapa model nasional. Yang terbaik akan memperoleh hadiah menarik, yaitu kamera Sony dan uang tunai. Sementara bagi juara kedua akan memperoleh MP3 Sony dan uang tunai. Sedangkan untuk juara ketiga akan memperoleh headset Sony dan uang tunai.
Selain kompetisi dari tiga zona tersebut, program menarik lainnya yang akan menjadi “pemanis” di MBCS 2014 antara lain Breakdance Perfomance, DJ Perfomance, serta workshop dengan tema “Smart Photography” yang akan dibawakan langsung oleh pembicara nasional, Jhones Gozali. Acara akan berlangsung di area stage MBCS 2014 pada Sabtu (8/3/14) siang. (blogkatahatiku.blogspot.com)