05 March 2014

LUNCH AND DINNER YANG AUTENTIK DI DJUKU

Foto: Ahmad Alia
Begitu sampai di lantai dasar Trans Studio Mall (TSM) Makassar,  Anda akan menjumpai outlet bernuansa klasik modern dengan langit-langit yang dibaluri nuansa hitam dan coklat. Anda juga akan disuguhi pemandangan “compact kitchen” dihiasi kumpulan kata bermakna “ikan” dari seluruh penjuru dunia dengan tulisan latin dan tagalok. Semua itu, memberikan estetika tinggi di rumah makan ini. Ditambah suguhan musik yang makin menghidupkan suasana.
Djuku adalah nama rumah makan tersebut. Rumah makan yang dapat  mendatangkan ribuan pengunjung setiap bulannya karena kekhasan yang diciptakannya.
Djuku, healthy, authentic, fish and coffee adalah keyword dari rumah makan Djuku. Di mana kata tersebut memberikan makna yang begitu berarti. Healthy, merupakan terobosan Djuku untuk menyuguhkan ikan yang segar, sehat dan pengelolaan ikannya tidak tersentuh oleh api, karena Djuku menyediakan oven tersendiri. Sementara Authentic merupakan konsep yang diusung Djuku untuk memadukan makanan lokal dengan makanan luar negeri, dan juga semangat untuk mengangkat “Coffee To Duri” asal Enrekang, dan “Pallumara” dari Makassar yang dipadukan dengan bouillabaisse asal Perancis.
“Tujuannya, agar kuliner lokal Makassar mampu bersaing di taraf internasional,”  tutur Operation Manager Djuku, Didie Rahmadie Yusuf, saat disambangi beberapa waktu lalu.
Djuku terkenal dengan pengolahan ikan tanpa tulang dan fun dining yang membuat hidangan lokal terlihat seperti hidangan internasional. Seperti menu spesialnya yaitu bouillabaisse, hidangan ini adalah inovasi makanan lokal Makassar, Pallumara yang dipadukan dengan gaya ala Perancis.
Bouillabaisse ini sangat sehat untuk dikonsumsi, terutama pada jam makan siang karena bahan utamanya adalah ikan tuna yang mengandung vitamin A dan B2, terlebih dalam pengolahan ikan ini tidak menggunakan minyak tetapi langsung di panggang atau digrilled. Menu ini terasa sangat gurih karena kaldunya dibuat tidak menggunakan santan, tetapi diolah dari tulang ikan yang direbus hingga hancur dan ditambahkan rempah-rempah khas Indonesia.
Dengan tambahan kacang polong dan tomat segar, menu yang disuguhkan Djuku ini member sensasi tersendiri. Hidangan ini sangat cocok bagi Anda yang mengikuti program diet karena bisa memilih karbohidrat beras merah yang memiliki tekstur lembut saat dikunyah, serta dabu mentah pedas dengan wangi kemangi yang segar.
Satu lagi menu favorit dari Djuku yang tidak kalah sedapnya dari bouillabaisse yaitu grilled dori. Hidangan favorit ini diolah dari ikan dori yang mengandung vitamin B1 dan B2. Ikan ini dipanggang dengan bumbu yang khas ala Djuku yang membuat tekstur dagingnya menjadi manis dan lembut pada saat dikunyah.
“Hidangan ini juga tidak kalah sehatnya karena ada mix vegetable-nya ditambah dengan kentang goreng yang sangat renyah sebagai pengganti karbohidrat, paling asyik dinikmati saat makan malam. Hidangan ini sangat khas, karena ada perpaduan racak-racak mangga dan basil pesto, yang dicampur dengan minyak sayur. Sehingga membuat bau amis ikannya tidak terasa dan sangat sehat untuk dikonsumsi,” jelas salah satu chef Djuku, Bawon Sukariyono.
Di sini, selain menikmati hidangan lezat, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menggelar pertemuan dengan kapasitas daya tampung 60 orang. (Ria Ibrahim/blogkatahatiku.blogspot.com)