22 March 2014

KLENTENG XIAN MA PERINGATI HUT DEWI GUAN YIN

Foto: Effendy Wongso
Bagi umat Tri Dharma (Buddha, Tao, dan Konghucu), nama Guan Yin memang sudah tak asing lagi. Sosok yang dikenal sebagai dewi penuh welas asih ini sangat dipuja dan dihormati penganut ketiga agama tadi, sehingga setiap hari jadi Guan Yin yang jatuh pada penanggalan lunar Tionghoa (Imlek 9 Gwee 19) selalu diperingati dengan ritual keagamaan umat Tri Dharma.
Di Makassar, hampir semua klenteng memperingati hari ulang tahun (HUT) Guan Yin yang jatuh pada 19 Maret penanggalan Masehi. Salah satu klenteng utama yang rutin menggelar ritual persembahyangan terkait hari jadi Guan Yin adalah Klenteng Xian Ma. Sejak dibuka pagi sekitar pukul 07.00 Wita, salah satu klenteng tertua di Makassar ini sudah dipenuhi aktivitas umat yang melakukan ibadah secara personal.
Barulah sekitar pukul 11.00 Wita, ritual persembahyangan dilakukan bersama oleh pengurus dan anggota Klenteng Xian Ma bercampur warga yang sudah hadir sejak pagi. Acara berlangsung sekitar dua jam dengan pembacaan sutra keng, doa bersama, lantunan puji-pujian, serta prosesi mengelilingi area lantai lima Klenteng Xian Ma yang terdapat patung besar atau rupang Guan Yin.
Acara dipimpin langsung Wakil Ketua III dan IV Yayasan Vihara Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma, Yenny Kongoasa dan Viviyanti Gunawan, dengan membacakan sutra-sutra keng.
Ditemui seusai acara, Bendahara Yayasan Vihara Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma, Kadir Jusuf Gunawan, mengatakan acara yang rutin digelar sejak 2008 ini, selain memperingati hari jadi Guan Yin, sekaligus ritual pemanjatan doa bagi keselamatan dan kedamaian bangsa Indonesia. (blogkatahatiku.blogspot.com)