10 March 2014

Hotel Panen Rupiah di Wedding Expo

WEDDING EXPO - Hotel bukan hanya sebagai tempat pertemuan formal atau meeting saja, tetapi juga banyak digunakan untuk acara sakral seperti pernikahan. Untuk menunjukkan hal tersebut, beberapa hotel ambil andil dalam pelaksanaan event wedding expo, baik dilaksanakan sendiri maupun sebagai exhibitor dalam pelaksanaan sebuah pameran. Melalui kegiatan tersebut, hotel berhasil meraup untung yang sangat besar. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Hotel bukan hanya sebagai tempat pertemuan formal atau meeting saja, tetapi juga banyak digunakan untuk acara sakral seperti pernikahan. Untuk menunjukkan hal tersebut, beberapa hotel ambil andil dalam pelaksanaan event wedding expo, baik dilaksanakan sendiri maupun sebagai exhibitor dalam pelaksanaan sebuah pameran. Melalui kegiatan tersebut, hotel berhasil meraup untung yang sangat besar.
   Makassar Golden Hotel (MGH) untuk ke-13 kalinya melaksanakan event wedding expo. Tahun ini MGH mengemas konsep ala Perancis, "Le’ Veritable d' Amour" untuk acara yang dlaksanakan pada 28 Februari sampai 2 Maret 2014 lalu.
General Manager MGH, Fajar Trihambono, mengatakan tujuan diadakannya wedding expo ini untuk memudahkan para calon pengantin untuk menyiapkan segala keperluan jelang hari pernikahan. Sasarannya para calon pengantin yang berada di Kota Makassar maupun luar Kota Makassar. Ada sekitar 32 booth meramaikan kegiatan, di antaranya Bless Decoration, Es Em Decor, Jean Florist, Royal Organizer dan lain-lain.
Sementara itu, Public Relation Makassar Golden Hotel, Ivone Tumbelaka, mengatakan ada empat paket perkawinan yang disediakan MGH saat event berlangsung, yaitu paket Jasmine, Rose, Tulip, dan Bougenvile, yang paketnya dibanderol mulai harga Rp 78 ribu per orang, semuanya sudah termasuk fasilitas untuk ruangan Golden Ballroom. Wedding Expo kali ini juga memperkenalkan menu-menu baru dengan variasi makanan yang lebih beragam.
Selama tiga hari pelaksanaan acara, menurut Ivonne, total transaksi wedding yang deal saat wedding expo digelar sebanyak 25 buah, dengan nilai sebesar Rp 2 miliar khusus untuk MGH, dil uar dari nilai yang didapat para exhibitor pendukung acara. 
Wedding Expo 2014 yang digelar MGH tak hanya menampilkan pameran maupun pakaian terkait perhelatan pernikahan, akan tetapi juga membawa kesepakatan antara Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Makassar dengan MGH.
Bersama Ketua PHRI Makassar, Kwandy Salim, Fajar mengungkapkan apresiasi yang mendalam terhadap keinginan PHRI Makassar menggandeng MGH, dan menjadikan wedding expo sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Makassar. “MGH merupakan salah satu pionir dan penggagas acara wedding expo, dan pihak PHRI Kota Makassar mengapresiasinya demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Makassar melalui event-event seperti ini,” terang Kwandy.
Selain MGH yang melaksanakan event-nya sendiri, beberapa hotel ikut berpartisipasi dalam event wedding expo yang dilaksanakan oleh Trans Studio Mall (TSM) Makassar, bertajuk bertajuk Luxury Wedding Expo 2014. Sedangkan, Hotel Aston Makassar menjadi salah satu hotel yang menjadi exhibitor di event tersebut.
Penawaran yang diberikan hotel yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin Makassar ini yaitu hadiah langsung bagi pemesan yang membayar Down Payment (DP) saat pameran berlangsung, dan juga ada paket bulan madu gratis ke Bali. Harga paket terbilang variatif, mulai dari paket Rp 108 ribu per pax, sudah termasuk gedung, makanan, mobil pengantin, kamar pengantin, master ceremony (MC), elektone, dan lain-lain. Selain itu ada pula paket menu Chinese Food Rp 2.496.000 per meja untuk 10 orang.
“Selama pameran Luxury Wedding Expo 2014 di Trans Studio Mall, kami berhasil deal dengan nilai transaksi sekitar Rp 150 juta,” ujar Public Relations Manager Hotel Aston Makassar, Kezia Maureen. 
   Sedangkan Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar juga turut memeriahkan wedding expo yang digelar oleh Trans Studio Mall pada 26 Februari hingga 2 Maret 2014. Bertempat di lantai satu Trans Studio Mall tepat setelah pintu masuk, wedding booth Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar langsung menyambut para pengunjung wedding expo.
“Selama pelaksanaan acara, pengunjung yang datang ke booth kami sekitar 100 orang. Sebagian besar sudah berhasil deal,” terang Public Relation Coordinator Hotel Swiss-Belinn Panakkukang, Ari Harnani Restu Rahayu.
Dalam Wedding Expo kali ini, ujar wanita yang lebih akrab disapa dengan nama Ayu ini, pihaknya menawarkan paket Lylie, Amarilis, dan Garberra dengan penawaran harga menarik. Selain itu, semua yang sudah konfirmasi khusus pada Sabtu dan Minggu, untuk melaksanakan acara pernikahannya di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, dapat menginap gratis semalam di kamar tipe Executive Suite atau memilih mendapatkan gratis 100 pax makanan tambahan.
Para pengunjung yang datang ke booth Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, bukan hanya menggali informasi paket wedding saja, namun banyak juga yang menanyakan paket meeting maupun kamar. Para pengunjung disuguhkan dengan olahan pastry lengkap dengan fresh juice yang bisa dinikmati sembari melakukan transaksi dengan sales representatif hotel.
Dua minggu sebelum pelaksanaan kedua event wedding expo tersebut, Hotel Grand Clarion sudah lebih dulu menggelar event yang sama. Pembukaannya bertepatan dengan hari kasih sayang Valentine. Memasuki hari ketiga penyelenggaraan wedding expo di Hotel Grand Clarion, penyelenggara telah berhasil menggaet 15 pasangan yang ingin merayakan pesta pernikahan di hotel bintang empat plus itu.
Kepada 15 pasangan calon suami istri ini, manajemen Hotel Grand Clarion telah mematok harga rata-rata Rp 200 juta tiap pasangan. “Ada juga yang Rp 150 juta, tetapi kalau dirata-ratakan kena Rp 200 juta dikali 15 pasangan. Sehingga total sudah Rp 3 miliar,” ujar Marketing Communication Manager Hotel Grand Clarion, Pretty Tumakaka.
Adapun Social Event Manager Hotel Grand Clarion Makassar, Regina Arfandy, menjelaskan pada event Wedding Expo kali ini, panitia pelaksana memberikan penawaran paket pernikahan bagi pengunjung, seperti setiap yang melakukan transaksi booking tempat pernikahan di Hotel Grand Clarion, mendapatkan hadiah langsung.
“Hadiah tersebut berupa diskon harga paket pernikahan sebesar 10 persen, tiket pesawat Singapura-Makassar pulang pergi, tiket pesawat Makassar-Hongkong pulang pergi, akomodasi hotel dan banyak hadiah lainnya,” bebernya.
Ditambahkan, sebanyak 16 vendor hadir meramaikan event tersebut. Peserta berasal dari Makassar dan Surabaya, yang sudah sangat berpengalaman dalam hal penyediaan baju pengantin berkualitas, dan rangkaian pelaksanaan pesta pernikahan. Paket harga penyelenggaraan pesta pernikahan di Hotel Grand Clarion sendiri, ditawarkan mulai Rp 60 juta hingga Rp 300 juta.