27 March 2014

HARGA RUMAH PERUMNAS NAIK

Foto: Effendy Wongso
PT Perumahan Nasional (Perumnas) Region IV meliputi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), akhirnya melakukan penyesuaian harga rumah. Kenaikan yang dilakukan berkisar Rp 15 persen, atau mencapai Rp 35 juta per unit dari harga tahun lalu.
Mengenai kenaikan harga tersebut, Manager Pemasaran Perumnas, Anwar memberi contoh, kenaikan rumah standar di mana pada 2013 harganya Rp 130 juta, kini naik Rp 215 juta.
Tahun ini Perumnas menargetkan pembangunan 1.806 unit. Makassar menjadi salah satu fokus pembangunan terbesar dengan pemasaran 600 rumah yang tersebar di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Jalan Tamalanrea Raya dan Perumnas Antang.
Ada dua tipe yang dikembangkan sekaligus merupakan fokus Perumnas, yakni tipe 36 dan 45. Kedua cluster tersebut dibangun di atas lahan 10 hektare dengan investasi Rp 70 miliar. Untuk BTP Makassar sebanyak 300 unit, terdiri 200 unit tipe 36 dan 100 unit tipe 45.
Untuk harga, Perumnas menawarkan mulai Rp 215 juta untuk tipe 36 dan mulai Rp 400 juta untuk tipee 45. Sejak dipasarkan Januari 2014, produk ini sudah terjual sekitar 20 persen, atau sekitar 60 unit.
Selain itu, Perumnas juga sementara membangun 300 unit rumah tipe 36 di Perumahan Antang Manggala. Rumah tersebut ada di dua titik berbeda, masing-masing ada yang indent dan juga ready stock atau siap huni. Rumah siap huni berada di kawasan yang sudah terbangun sebelumnya.
Pada event Pameran Pajak Expo 16 Maret lalu di Celebes Convention Center, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sabtu (15/3/2014),Perumnas menawarkan rumah kategori FLPP dengan harga hanya Rp 70 juta. Kepala Humas Perumnas Wilayah Indonesia Timur, Adi Ismoyo mengatakan harga ini telah ditetapkan oleh Perum Perumnas Pusat, di bawah pengawasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI).
“Kita tidak menargetkan keuntungan besar. Ini sama dengan timbal balik perputaran investasi yang sangat menguntungkan masyarakat, khususnya masyarakat golongan menengah ke bawah. Harganya tidak bisa dinaikkan ataupun diturunkan,” terangnya.
Keunggulan rumah yang dibangun Perum Perumnas, sebut Adi adalah tersedianya fasilitas umum dan fasilitas sosial, seperti sekolah, tempat ibadah, lapangan olahraga, tempat bermain, dan akses jalan. Ada tiga wilayah bangunan rumah Perumnas, di antaranya Takalar, Perumnas Antang, dan di BTP Tamalanrea. (Yusuf A/blogkatahatiku.blogspot.com)