24 March 2014

GARUDA LAYANI PENERBANGAN LANGSUNG JAKARTA-EROPA

Foto: Pribadi
Bergabungnya Garuda Indonesia dalam aliansi global SkyTeam pada 5 Maret 2014  menjadikan Amsterdam, yang merupakan salah satu hub terbesar SkyTeam, sangat strategis bagi Garuda. Amsterdam akan menjadi gerbang baru bagi penumpang Garuda yang hendak melanjutkan penerbangannya ke berbagai destinasi beyond Eropa, terutama ke 1.064 kota tujuan di 178 negara seluruh dunia yang dilayani 19 maskapai anggota SkyTeam lainnya.
Dalam kaitan tersebut dan sebagai langkah memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa secara optimal dari keanggotaan Garuda di aliansi SkyTeam, maka mulai 30 Mei 2014 Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam.
Melalui penerbangan nonstop Jakarta ke Amsterdam tersebut, Garuda dapat memberikan pilihan konektivitas kepada pengguna jasa ke Eropa melalui penerbangan nonstop tercepat Jakarta-Amsterdam. Garuda juga menjadi satu-satunya maskapai yang memiliki penerbangan nonstop Indonesia ke Eropa.
Penerbangan direct dan nonstop tersebut akan menggunakan armada terbaru Boeing 777-300ER yang mampu terbang hingga 15 jam atau menempuh jarak 14.490 kilometer tanpa henti, dengan frekuensi penerbangan lima kali seminggu, yaitu setiap Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Saat ini Garuda melayani penerbangan rute Jakarta-Amsterdam dengan satu persinggahan di Abu Dhabi, menggunakan pesawat Airbus A330-200. Beroperasinya penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam, selanjutnya rute Jakarta-Abu Dhabi akan dilaksanakan melalui kerja sama codeshare dengan Etihad Airways.

Rute Baru London via Amsterdam

Terkait rencana penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam tersebut, rencana awal untuk membuka penerbangan langsung Jakarta-London mulai Mei 2014 mengalami perubahan, dari rute awal Jakarta-London menjadi Jakarta-Amsterdam-London, menggunakan pesawat Boeing 777-300ER.
Rute penerbangan dari dan menuju London tersebut terhubung dengan penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam, dan Garuda akan melayani penerbangan ke London, sama dengan penerbangan ke Amsterdam, lima kali seminggu setiap Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Mengingat keterbatasan slot pada masa “peak season” di musim “summer”, serta adanya penyesuaian penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam, Garuda baru akan melaksanakan penerbangan dari dan menuju London pada 8 September 2014.
Penyesuaian rute penerbangan ke London (Gatwick) ini memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa yang akan mengunjungi beberapa kota sekaligus di Eropa dalam satu perjalanan. Terlebih pesawat Boeing 777-300ER yang dioperasikan ini berkapasitas 314 penumpang, terdiri delapan kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class, dilengkapi layanan “Inflight Connectivity” dan “Live TV” bagi seluruh penumpang, serta layanan “Chef on Board” untuk penumpang “First Class”.
Melalui fasilitas “Inflight Connectivity”, penumpang dapat terhubung dengan koneksi internet sehingga selama penerbangan, penumpang dapat melanjutkan aktivitas bisnisnya. Sementara fasilitas “Live TV” yang terdiri enam channel internasional (CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC), penumpang dapat mengakses program siaran televisi langsung seperti pertandingan sepakbola di channel olahraga yang tersedia. (blogkatahatiku.blogspot.com)