03 March 2014

ELECTRONIC SOLUTION, SOLUSI BELANJA ELEKTRONIK

Foto: Ahmad Alia
Untuk melengkapi konsep “one stop shopping” yang ditawarkan Mal Panakkukang Makassar, salah satu tenant yang dimiliki yaitu Electronik Solution siap memberikan solusi bagi pengunjung untuk memenuhi kebutuhannya. Electronik Solution Mal Panakkukang hadir sejak 2006, dan menjadi outlet pertamanya di kawasan timur Indonesia (KTI). Outlet milik Electronik Solution berlokasi di Gedung C Lantai 2 Mal Panakkukang, Jalan Boulevard Raya, Panakkukang, Makassar.
Seiring dengan keberadaan produk elektronik yang terus berkembang dengan pesat, outlet Electronic Solution Mal Panakkukang pun terus berbenah diri. Salah satunya dengan melakukan beberapa perubahan desain ruang, dan melakukan re-opening pada 2011 lalu. Selain itu, beberapa produk elektronik dengan teknologi terbaru pun akan selalu dihadirkan.
Bukan hanya itu, sejak 2011, Electronic Solution juga telah menghadirkan produk-produk furniture di bawah bendera Home Solution. Home Solution merupakan sebuah outlet yang menjadi bagian dari holding brand Electronic Solution, yang khusus menjual aneka produk furniture dan matras.
Branch Manager Electronic Solution, Itang menjelaskan ada sekitar 20 brand besar produk elektronik dan furniture yang telah bergabung bersama Electronic Solution. Brand elektronik tersebut antara lain Samsung, LG, Sharp, Toshiba, dan Sony. Sedangkan brand matrass dan furniture di antaranya King Koil, Serta, Elite, Americana, dan lain-lain. Di luar dari itu, masih banyak brand lokal lain yang mempercayakan Electronic Solution sebagai solusi untuk menjual produknya.

Program Member 

Foto: Ahmad Alia
Di Electronic Solution juga memiliki program member, dengan banyak nilai tambah yang akan didapatkan. Program membership tersebut dibagi menjadi dua kategoti, yaitu reguler dan platinum. Bagi pemegang credit card kepunyaan perusahaan perbankan yang telah bekerja sama dengan Electronic Solution, bisa melakukan cicilan dengan bunga nol persen tanpa charge untuk semua produk, sampai dengan 24 bulan. Ada 12 bank di Makassar yang telah bekerja sama dengan Electronik Solution Mal Panakkukang.
Setiap transaksi pembelanjaan, member akan mendapatkan reward point, yaitu setiap transaksi Rp 100 ribu akan mendapatkan satu poin, dan satu poin dinilai sama dengan Rp 1.000. customer bisa mengumpulkan poin, dan suatu saat jika sudah dirasakan cukup nilainya, bisa dipakai berbelanja untuk mendapatkan potongan maksimal 50 persen dari harga barang.   
Bukan hanya itu, bagi member yang berbelanja produk elektronik, juga akan mendapatkan fasillitas perpanjangan garansi. Misalnya pemegang merek hanya memberikan garansi satu tahun untuk produknya, maka Electronic Solution bisa memberikan perpanjangan garansi sampai dengan empat tahun.
Khusus bagi pemegang membership kategori platinum akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa free asuransi. Setiap produk yang dibeli di Electronic Solution dengan nominal harga tertentu, akan diasuransikan secara gratis selama setahun. Itu tentu disesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Bagi yang ingin memiliki credit card, Electronic Solution juga telah bekerja sama dengan tiga perusahaan pembiayaan, yaitu Adira, Kredit Plus, dan Spektra. Pengunjung bisa berbelanja melalui ketiga perusahaan pembiayaan tersebut. 

Ekspansi Usaha
Setiap minggu Electronic Solution senantiasa memberikan promo khusus untuk para customer-nya, dengan program yang berbeda-beda. Untuk awal tahun 2014 ditawarkan program “Habiskan Stok Lama” yang memberikan diskon sebesar lima persen hingga 25 persen. Khusus produk furniture, Home Solution memberikan harga paket, misalnya pengunjung bisa membeli tiga produk dalam satu paket harga. Itu tentu akan jauh lebih murah.
Sudah banyak program yang telah dipersiapkan oleh Electronic Solution di 2014 ini, di antaranya melakukan ekspansi usaha. Menurut Regional Manager Electronic Solution, Mahpul M, dalam waktu dekat pihaknya akan membuka satu cabang outletnya di Gorontalo, dan akhir tahun direncanakan akan membuka satu outlet di Manado. Untuk Kota Makassar, rencananya masih akan kembali membuka satu outlet. Hal tersebut dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada customer. (Yusuf A/blogkatahatiku.blogspot.com)