14 March 2014

CELEBES AIR RESMI BEROPERASI DI SULAWESI

Foto: Istimewa
Maskapai penerbangan Celebes Air yang dioperasikan oleh PT Ersa Eastern Aviation secara resmi beroperasi mulai Selasa (11/3/2014) pagi, dengan menerbangi rute Makassar-Sumarorong (Mamasa). Selanjutnya, Celebes Air akan terbang ke berbagai rute yakni Makassar, Bone, Luwu, Selayar, dan Mamuju di Sulawesi Barat.
Celebes Air menggunakan enam jenis pesawat, yakni dua pesawat angkut ringan jenis PAC750 XL PK-BSD dan PAC750 XL PK-BSB berkapasitas delapan penumpang, dua helikopter Bell 407 PK-BSE dan Bell 206 PK-BSC, serta dua pesawat komersial jenis ATR 42.
“Ke depan, kita akan pertimbangkan untuk menambah armada bila perkembangan bisnis penerbangan ini menunjukkan tren positif,” ujar Managing Director Celebes Air Pieter Wattimena, saat pra-perkenalan maskapai ini di bandara lama Sultan Hasanuddin, Mandai, Kabupaten Maros, Senin (10/3/2014).
Turut hadir pada perkenalan pesawat itu Komisaris Celebes Air Iskandar Mandji, Direksi Bosowa Munafri Arifuddin, Bupati Toraja Theofilus Allorerung, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Masykur A Sultan, perwakilan pimpinan Kosekhanudnas dan Koopsau II, Ketua Asita Sulsel Didi L Manaba, dan undangan lain.
Masykur menyebut gembira dengan beroperasinya maskapai ini karena makin menggerakkan perekonomian di Sulawesi Selatan. “Sulsel dari dulu sudah siap melayani penerbangan perintis, makanya kita gembira Celebes Air akhirnya beroperasi,” ungkapnya.
Pra-perkenalan disertai dengan pembacaan doa sejumlah ulama di dalam pesawat. Pra-perkenalan tersebut merupakan kelanjutan dari perkenalan dua helikopter yang dimiliki Celebes Air di Lapangan Karebosi akhir pekan lalu. (blogkatahatiku.blogspot.com)