01 March 2014

BPR SULAWESI MANDIRI FOKUS PADA PETERNAK

Foto: Istimewa
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sulawesi Mandiri dalam memberikan bantuan permodalan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), tetap fokus kepada peternak yang sudah bermitra dengan Japfa Group.
Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sulawesi Mandiri, Dalmasius Panggalo saat temui di kantornya, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (25/2/2014). Dikatakan, sebelum mendapatkan modal pinjaman, debitur dari pihak peternak wajib memenuhi beberapa persyaratan dari pihaknya.
“Syaratnya, harus ada rekomendasi dari Japfa, minimal sudah satu tahun menjadi peternak ayam. Ada agunan berupa bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB) kendaraan atau sertifikat tanah,” ungkap Dal, demikian sapaan akrabnya.
Menurut Dalmasius, kelebihan dari angsuran UMKM tersebut dibayar oleh BPR Sulawesi Mandiri dengan suku bunga 15 persen per tahun, dan masih bisa berubah sewaktu-waktu atau dinegosiasikan.
“Debitur dengan minimal kredit Rp 5 juta sampai Rp 500 juta, kami siapkan dana Rp 10 miliar di 2014 ini. Program ini baru mulai akhir 2013, dengan realisasi sekitar Rp 550 juta untuk semua debitur UMKM,” ulasnya.
BPR Sulawesi Mandiri sendiri menargetkan pada 2014 ini, realisasi penyaluran kreditnya minimal Rp 20 miliar untuk peternak ayam, yang rata-rata berlokasi di Makassar, Kabupaten Gowa,Takalar, Maros, dan Sidrap. Pihaknya juga memberikan pinjaman modal kerja buat supplier jagung ke Japfa Group.
Lebih jauh, Dalmasius mengatakan apabila ada debitur yang kreditnya macet, maka pihaknya akan segera mencarikan jalan keluar atau solusi terbaik buat debitur dengan cara rescheduling atau restructure agar menjadi lebih ringan.
“Buat debitur, yang penting masih punya itikad baik untuk membayar. Tetapi kalau sudah tidak bisa kooperatif atau bekerja sama lagi, ya terpaksa kita jual atau lelang agunannya,” jelasnya.
Hingga saat ini jumlah binaan BPR Sulawesi Mandiri telah mencakup 100 pengusaha kecil termasuk peternak ayam, di mana untuk jangka waktu kredit bisa sampai lima tahun. Saat ini BPR Sulawesi Mandiri juga memiliki program kredit pemilikan rumah (KPR) khusus untuk karyawan Japfa Group dengan jangka waktu kredit 15 tahun. (Annisa/blogkatahatiku.blogspot.com)