07 March 2014

BERKAT DANA MURAH, BANK MANDIRI TUMBUH SIGNIFIKAN

Foto: Effendy Wongso
Kepala Wilayah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Wilayah X Makassar, Purnomo Condro Akoso, memaparkan secara regional pada 2013, Bank Mandiri Kantor Wilayah Makassar yang meliputi seluruh Sulawesi, berhasil menaikkan pencapaian total dana murah sebesar 11,97 persen dari Rp 13,06 triliun pada Desember 2012, menjadi Rp 14,62 triliun pada Desember 2013. Khusus untuk Makassar sendiri, menyumbangkan pertumbuhan sebesar 12,74 persen terhadap total dana murah, dari Rp 3,85 triliun pada Desember 2012 menjadi Rp 4,34 triliun pada Desember 2013.
“Kredit Bank Mandiri yang disalurkan ke sektor produktif tumbuh 17,95 persen, mencapai Rp 15,86 triliun. Dilihat dari segmentasi kredit, pertumbuhan tertinggi berasal dari segmen mikro yang mencapai 65,61 persen menjadi Rp 2,6 triliun pada 2013. Dengan pertumbuhan kredit tersebut, Bank Mandiri mampu menjaga risiko kredit di level rendah, di mana NPL Gross di 2013 lalu sebesar 2,54 persen,” paparnya, saat ditemui di Warung Kopi Tiam Bangi, Makassar, Selasa (4/3/2014).
Lebih jauh, Purnomo memaparkan khusus untuk Makassar, Kredit Bank Mandiri yang disalurkan ke sektor produktif tumbuh 11,06 persen mencapai Rp 5,14 triliun. Dilihat dari segmentasi kredit, pertumbuhan tertinggi berasal dari segmen mikro yang mencapai 61,0 persen menjadi Rp 426,6 miliar pada 2013 dengan NPL terjaga di 2,05 persen.
Dijelaskan, salah satu produk elektronik channel yang dikembangkan Bank Mandiri untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan kepraktisan transaksi nasabah adalah Mandiri e-money. Fitur ini merupakan sebuah kartu nirsentuh yang hadir dalam empat pilihan kartu, yakni e-Money Card, Gaz Card, Indomaret Card, dan e-Toll Card.
Fungsi utama e-money adalah sebagai pengganti uang tunai, di mana saldo tersimpan dalam chip sehingga tidak diperlukan tanda tangan dan personal indification number (PIN). Dapat diisi ulang, dimiliki oleh nasabah maupun nonnasabah, serta dapat dijadikan gift kepada rekanan.
“Maksimal saldo Rp 1 juta, tanpa bunga dan dapat digunakan untuk pembayaran tagihan rutin seperti PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha di gerai Indomaret,” beber Purnomo.
Selain itu, sebut Purnomo, Bank Mandiri juga mempersembahkan Fiesta Point. Program khusus untuk nasabah Bank Mandiri ini dapat memperoleh poin yang bersumber dari transaksi yang telah ditentukan oleh bank dari saldo rata-rata tabungan. “Poin yang dikumpulkan nasabah dapat ditukar dengan hadiah langsung atau ditukar pada merchant mitra Bank Mandiri,” ungkapnya.
Dipaparkan, selama ini Bank Mandiri juga telah menggelontorkan dana untuk Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah Rp 3,3 miliar untuk Sulsel, dengan komposisi terbesar penyaluran di Makassar sebesar Rp 2,5 miliar. CSR tersebut diwujudkan dalam bentuk program Mandiri Edukasi, Beasiswa Pendidikan, Wirausaha Muda Mandiri (WMM), CSR Tanggap Darurat seperti bencana alam di Sidendreng Rappang, dan CSR Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat seperti pembangunan rumah produksi abon ikan di Paotere, Makassar. (blogkatahatiku.blogspot.com)