22 March 2014

AAJI SIAP LUNCURKAN PRODUK BERSAMA ASURANSI MIKRO

Foto: Istimewa
Saat ini produk asuransi mikro yang dipasarkan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia masih belum seragam, untuk itu Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) siap meluncurkan produk bersama asuransi mikro pada April 2014. AAJI menjelaskan, kesiapannya mensosialisasikan dua produk asuransi mikro yang dapat dipasarkan bersama seluruh anggotanya.
Direktur Eksekutif AAJI, Benny Waworuntu mengatakan dua produk ini didesain dengan mengacu ketentuan produk mikro yang ada dalam Grand Desain Asuransi Mikro (GDAM). “Kami berharap akhir bulan ini produk tersebut sudah final, sehingga produk ini dapat segera diluncurkan pada April mendatang. Rancangan produk tengah tersebut masih dalam tahap finalisasi di bawah tim asuransi mikro yang dibentuk AAJI,” jelasnya beberapa waktu lalu di Hotel Aryaduta Makassar, Jalan Penghibur, Makassar.
Beberapa poin didiskusikan antara lain bagaimana agar produk tersebut terjangkau dan dapat dinikmati sesuai kebutuhan, kanal distribusi apa yang digunakan, dan bagaimana perbandingan antara benefit dan preminya. Setelah produk ini disepakati, perusahaan anggota dapat mengajukan izin produknya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini diharapkan akan memudahkan asuransi jiwa dalam memasarkan produk mikro.
Ketua AAJI, Hendrisman Rahim menambahkan produk asuransi mikro yang tengah digodok AAJI ini berpremi Rp 50 ribu. Setelah finalisasi, produk akan disosialisasikan kepada anggota untuk meminta masukan. Perusahaan asuransi jiwa diperbolehkan melakukan modifikasi produk selama masih sesuai ketentuan asuransi mikro versi OJK.
“Selama ini beberapa asuransi jiwa sudah memasarkan produk mikro, namun belum seragam. Dua alternatif produk ini nantinya bisa ditawarkan eluruh anggota,” tambahnya.
Beberapa perusahaan asuransi jiwa sudah memasarkan produk asuransi mikro. Pada April 2013 lalu, Prudential Life Assurance (Prudential) telah meluncurkan produk asuransi mikro bertajuk Pruaman. (Annisa/blogkatahatiku.blogspot.com)