18 February 2014

YAMAHA TARGET JUAL 145 RIBU MOTOR DI SULSELBAR

Foto: Istimewa
Setelah berhasil mendominasi penjualan motor di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), di 2014 kali ini Yamaha kembali memasang target yang cukup tinggi. Melalui main dealer-nya PT Suracojaya Abadi Motor Makassar (SJAM), Yamaha  menargetkan penjualan motor di wilayah Sulselbar sebesar 145 ribu unit. Naik lima ribu unit dari pencapaian total penjualan di 2013 lalu.
GM Marketing PT Suracojaya Abadimotor, Frengky J Tunandar saat ditemui di atrium Mall Panakukang, Jalan Boulevard Raya, Panakkukang, Makassar, mengatakan pertumbuhan lima ribu unit dinilai cukup, dalam siklus ekonomi nasional yang masih fluktuatif. Meski kondisi ekonomi belum stabil, ditambah dengan 2014 yang semarak dengan beberapa agenda politik, pihaknya tetap optimistis bisa bertumbuh.
“Kalau dilihat ini tahun Pemilu, permintaan sepeda motor memang tidak terlalu bertumbuh. Namun kami tetap optimis bisa bertumbuh dua hingga tiga persen," katanya.
Tahun lalu, PT SJAM berhasil membukukan penjualan sebanyak 140 ribu unit di wilayah pemasarannya. Kesuksesan memasarkan ratusan unit motor ini membuat Yamaha meraih pangsa pasar terbesar dengan raihan market share sebesar 59 persen. Rasa optimis Yamaha tersebut diperkuat dengan kehadiran seri terbaru New GT125 Eagle Eye yang dilaunching 26 Januari lalu, untuk wilayah pemasaran Sulselbar. New GT125 adalah kesempurnaan dari sepeda motor matik Yamaha, dengan karakter maskulin, sporty dan gagah.
Kemunculan New GT125 Eagle Eye langsung menunjukkan eksistensi di market Tanah Air. Sejak resmi diluncurkan 7 Januari 2014 di Jakarta, New GT125 Eagle Eye total sudah terjual 2.172 unit pada pasar nasional. Untuk wilayah Sulselbar sendiri, telah terjual 200 unit.
Diungkapkan, PT SJAM untuk wilayah pemasaran Sulselbar menargetkan memasarkan ribuan unit New GT125 Eagle Eye setiap bulannya. Pihaknya optimistis bisa menjual 1.000 hingga 1.200 unit setiap bulannya, seiring dengan respons masyarakat yang cukup bagus dari model yang baru saja diperkenalkan ini.
“Kami sudah membuka inden sejak 20 Januari. Suplai dari Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) ke kami itu 1.200 unit setiap bulannya,” jelas Frengky di sela peluncuran New GT125 Eagle Eye di Mal Panakkukang.
Dikatakan, kontribusi pasar motor kelas 125 cc terhadap total penjualan motor mencapai 10-15 persen. Sehingga diharapkan dengan hadirnya varian baru ini, Yamaha bisa mendongkrak pasar di segmen ini hingga di atas 50 persen.
“Selama ini, produk yang kami punya di kelas 125 cc yakni Xeon RC. Market share kami di segmen tersebut sebesar 40 persen. Nah dengan hadirnya New GT125 ini, kami targetkan bisa meraih market share di atas 50 persen,” jelasnya.
Saat ini, sebut Frengky, kondisi ekonomi di Sulsel yang lebih baik dari nasional membuat segmen premium semakin dilirik masyarakat. Makanya, tahun ini pihaknya juga fokus pada kelas yang menyasar menengah ke atas. (Yusuf Almakassary/blogkatahatiku.blogspot.com)