10 February 2014

Valentine, Order Bunga Mawar Naik

BUNGA MAWAR - Order bunga mawar di toko bunga naik menjelang Valentine atau hari kasih sayang. Pemilik toko bunga Kembang Djawa, Andre Haryono saat ditemui di Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (6/2/2014) siang, mengaku terjadi lonjakan order atau permintaan bunga mawar menjelang Valentine. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Order bunga mawar di toko bunga naik menjelang Valentine atau hari kasih sayang. Pemilik toko bunga Kembang Djawa, Andre Haryono saat ditemui di Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (6/2/2014) siang, mengaku terjadi lonjakan order atau permintaan bunga mawar menjelang Valentine.
“Bunga yang paling diminati untuk perayaan hari kasih sayang adalah red rose (mawar merah). Permintaan bunga mawar dimulai sejak seminggu sebelum Valentine, dan naik secara signifikan dua hari menjelang 14 Februari,” ungkapnya.
Ditambahkan, peningkatan order untuk jenis bunga mawar terdongkrak 10 kali lipat dari bulan biasanya. Adapun untuk harga bunga mawarnya, diakuinya tidak ada kenaikan. “Sama dengan hari biasa yang dijual dengan harga Rp 25 ribu per tangkai. Hanya saja untuk pemesanan memang jauh lebih banyak di Februari ini,” terangnya.
Andre mengatakan, pihaknya dapat menjual lima hingga 10 tangkai di hari biasa, tetapi menjelang Februari naik sampai 20 tangkai per hari. Terkait persentase keuntungan yang berhasil diraupnya setiap momentum Valentine, ia mengungkapkan mengalami kenaikan sampai 20 persen.
Sementara di hari yang berbeda, Jumat (7/1/2014) siang, salah seorang karyawan toko bunga Grandpa Orchid, Jalan Gunung Latimojong, Andis saat disambangi di tokonya, juga mengatakan permintaan untuk bunga mawar setiap tahun pasti melonjak di Februari, jauh dibandingkan permintaan di bulan biasa. “Sampai hari ini saja pemesanan sudah mencapai 40 persen,” ungkapnya.
Dijelaskan, biasanya per hari di bulan biasa pemesanan untuk bunga mawar kurang lebih 10 tangkai, namun menjelang Valentine pemesanan meningkat menjadi 20 tangkai per hari.
Sementara untuk harga, sepekan sebelum sampai Valentine mengalami kenaikan. Jika hari biasa dijual Rp 15 ribu per tangkai, maka pada momentum kasih sayang ini dijual Rp 25 ribu per tangkai. “Ini sangat meningkatkan omset kami,” bebernya.