05 February 2014

SEJAK DINI KENALKAN TEKNOLOGI TERHADAP SISWA

SMA Muhammadiyah Wilayah Sulsel
“Sejak Dini Kenalkan Teknologi Terhadap Siswa”

Foto: Effendy Wongso
Sebagai salah satu sekolah menengah atas (SMA), yang merupakan jenjang selanjutnya bagi siswa setelah menjalani program wajib belajar selama sembilan tahun, maka kehadiran SMA Muhammadiyah Wilayah Sulsel yang terletak di Jalan Sam Ratulangi 101 ini dirasa sangat penting untuk mengakomodir kewajiban edukasi masyarakat, khususnya siswa di Kota Makassar dan sekitarnya.
SMA Muhammadiyah Wilayah Sulsel di Makassar adalah lembaga pendidikan menengah yang berada di bawah naungan Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Makassar (BPH UMM). Sekolah ini menjadi salah satu sekolah unggulan Muhammadiyah yang mampu melaksanakan ujian seleksi penerimaan siswa baru seperti yang dilakukan oleh sekolah negeri.
Selain itu, alumninya juga sudah bisa berbicara di tingkat regional maupun nasional pada berbagai bidang, baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Keberhasilan itu tidak terlepas dari peran para pengajar yang sudah senior di bidangnya masing-masing dan dipilih dari sekolah negeri.
Menurut Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Wilayah Sulsel, Drs H Abd Kadir, kegiatan laboratorium aktif dilaksanakan, biasanya di luar jam pelajaran sehingga setiap praktikum dapat dituntaskan karena tidak terdesak oleh waktu.
“Kedisiplinan sangat terpelihara, dan siswa senantiasa diikutkan pada kegiatan diskusi-diskusi remaja, termasuk mengikutkan mereka dalam lomba bidang studi, baik yang diadakan oleh pemerintah maupun oleh lembaga pendidikan lain,” tambah pria yang telah menjadi tenaga pengajar sejak berdirinya sekolah tersebut di 1988 silam.
Sementara itu, ditemui terpisah di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala, Jalan Andalas, Makassar, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Wilayah Sulsel sekaligus Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Bontoala, Kabai S.Pd, Kamis (5/2), mengatakan sekolah yang berdiri pada 1988 ini, memang memiliki visi dan misi mencerdaskan anak bangsa sesuai program yang gencar digalakkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional
“Oleh karena itulah, sekolah ini senantiasa mengenalkan teknologi sejak dini terhadap siswa-siswanya, antara lain penggunaan dan pengoperasiaan multimedia, komputer, laptop, dan lain-lain,” tambahnya.
Dikatakan, tujuan utama pendidikan adalah untuk mendidik individu-individu dalam masyarakat agar dapat mempersiapkan dan memenuhi standar kualitas hidup yang lebih baik. Implementasi pendidikan juga dapat mengangkat harkat dan martabat seseorang, baik saat bekerja atau berkarya di bidang ekonomi, sosial, dan sebagainya.
“Selain itu, pendidikan juga mengintegrasikan orang-orang ke dalam masyarakat dan mengajarkan mereka nilai-nilai moral yang lebih baik,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)