09 February 2014

PROSESI IMLEK CAP GO MEH DIMERIAHKAN BERBAGAI PARADE

Foto: Effendy Wongso
Kemeriahan suasana Imlek, khususnya jelang Cap Go Meh 2014 atau penutupan 15 hari pasca Tahun Baru Imlek dimeriahkan berbagai acara, termasuk parade arak-arakan dan karnaval dari berbagai kebudayaan yang ada di Makassar dan Sulawesi Selatan (Sulsel).
Dari telusuran KATA HATIKU di daerah Pecinan, Jalan Sulawesi, Makassar, Minggu (9/2) pagi, beberapa penyelenggara sudah menyiapkan tim arak-arakan dan paradenya. Salah satu yang terlihat sudah berbenah sejak kemarin siang adalah tim dari Klenteng Pang Ko Ong dari Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel.
“Sejak kemarin siang, Sabtu (8/2), sekitar jam satu kami sudah stand by di sini,” ujar salah seorang dari tim Klenteng Pang Ko Ong, Ramli.
Menurutnya, persiapan sebenarnya sudah dilakukan jauh hari mengingat perayaan Cap Go Meh kali ini terbilang meriah. Pasalnya, tahun lalu di 2013 acara seperti ini vakum di Makassar karena jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Sementara itu, ketua tim Klenteng Pang Ko Ong, Heri, saat ditemui di stan Klenteng Pang Ko Ong di samping Klenteng Xian Ma, Jalan Sulawesi, Makassar, mengatakan pihaknya akan mengerek patung Dewa Pang Ko Ong dalam prosesi dan arak-arakan Cap Go Meh 2014 yang akan diselenggarakan nanti siang pada pukul 14.00 Wita.
“Selain kami, parade dan arak-arakan nanti siang akan diikuti oleh lima vihara dan klenteng besar dari Makassar, di antaranya Klenteng Kwan Kong, Vihara Girinaga, Klenteng Istana Naga Sakti, Cetya Avalokitesvara, dan beberapa parade budaya dari Sulsel,” ungkapnya.
Dari penelusuran serupa, di Jalan Lembeh, Makassar, KATA HATIKU menyambangi Vihara Dharma Loka. Di sini persiapan jelang parade pun tak kalah meriahnya, di mana pihak penyelenggara dari vihara berusia puluhan tahun ini akan mempersembahkan tim musik tanjidor khas dari Makassar. (blogkatahatiku.blogspot.com)