27 February 2014

POTENSIAL, GORONTALO PILIHAN EKSPANSI THE BODY SHOP

Foto: Effendy Wongso
Di 2013 lalu, The Body Shop melebarkan sayapnya hingga ke Kota Gorontalo lantaran melihat potensi pasar yang cukup besar selama ini. Hal tersebut diakui oleh Supervisor The Body Shop Area Gorontalo, Budi Sembodo saat dikonfirmasi belum lama ini.
“Nah, saat ini The body shop telah memiliki 106 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Gorontalo. Sejak opening di Gorontalo pada 27 September 2013 lalu, pihak kami telah melakukan promosi dengan berbagai penawaran, di antaranya memberikan diskon hingga 30 persen untuk parfum,” ungkapnya.
Pria kelahiran Jawa Timur, 12 April 1992 ini menambahkan, The Body Shop memiliki program “Beauty Class” di mana program ini mengajarkan tentang tips make up, skin care, dan lain-lain setiap bulannya kepada customer.
“The body shop juga memiliki sistem member, yakni dengan berbelanja minimal Rp 500 ribu, member akan mendapatkan tiga keuntungan, di antaranya gift pada saat anniversary, selecting item, dan diskon-diskon lain. Sekarang The Body Shop Gorontalo memiliki 400 member aktif hanya dalam periode tiga bulan. Setiap dua bulan sekali, kami melakukan penukaran hadiah kepada member,” aku Budi.
Dengan omset rata-rata Rp 15 juta per hari, bahkan kadang-kadang bisa sampai Rp 18 juta per hari saat weekend, membuat perusahaan ramah lingkungan ini lebih optimis dan termotivasi untuk memperluas jaringannya.
 Budi menjelaskan, The Body Shop memiliki banyak produk kecantikan dan parfum. “Kami memiliki 700 item yang siap kami pasarkan di Gorontalo dengan harga terjangkau. Harga item-item kami mulai Rp 19 ribu hingga Rp 529 ribu. Keunggulan kami ketimbang perusahaan kosmetik lainnya adalah karena kami memiliki banyak varian dan range yang bisa menjadi opsi bagi customer jika salah satu produk habis. Selain itu, produk kami aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan alami,” paparnya.
Bungsu dari dua bersaudara ini menjelaskan, untuk strategi pemasaran pihaknya mengandalkan pelayanan yang baik kepada customer. “Kami melayani pelanggan seramah mungkin, dan mencoba memberikan pemecahan masalah untuk setiap customer yang datang, baik member maupun nonmember,” imbuh pria yang hobi musik ini.
Di luar itu, selama memimpin The Body Shop Gorontalo, putra pasangan Iskan dan Fitri ini mengatakan dirinya senantiasa menerapkan prinsip untuk mencintai pekerjaannya. “Nah, cintailah pekerjaanmu, maka pekerjaan akan mencintaimu,” tandasnya (Risky Z/blogkatahatiku.blogspot.com)