03 February 2014

PASANG BEHEL PERLU ANALISIS KONDISI GIGI

drg Eddy Heryanto Habar
Dokter Gigi Klinik Dentamedica Care Centre
“Pasang Behel Perlu Analisis Kondisi Gigi”

Foto: Pribadi
Melewati ruangan demi ruangan yang nampak sangat klimis, KATA HATIKU menuju ke ruangan praktik drg Eddy yang terletak di lantai dua Klinik Dentamedica Care Centre, Jalan AP Pettarani, Makassar. Di sini, ia adalah satu satu dokter ortodonsi atau perawatan kawat gigi.
Sebelum memasuki ruangan, pasien atau tamu harus berganti alas kaki dengan sandal yang telah disiapkan oleh pihak klinik. Hal ini untuk menjaga kebersihan dalam ruangan. Seperti layaknya rumah sakit atau tempat pengobatan lainnya, kebersihan dan sterilisasi adalah hal yang paling utama.
Mendapat sambutan yang ramah dari pihak dokter, KATA HATIKU pun tak sungkan untuk mengajukan pertanyaan seputar perawatan gigi, khususnya untuk pemasangan kawat gigi (behel). Untuk pemasangan kawat gigi di klinik ini terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari analisis kondisi gigi pasien, pemasangan behel, kemudian perawatannya.
Untuk tahapan analisis kondisi gigi, dimulai dengan foto kondisi awal gigi dari semua sisi (depan, samping, atas dan bawah), foto ronsen untuk analisa yang lebih mendalam, dan kemudian menentukan metode ataupun prioritas perawatannya.
Hal ini dilakukan agar metode yang diterapkan sesuai dengan masalah yang sebenarnya dialami oleh pasien, sehingga hasil bisa lebih maksimal dan tepat sasaran. Dalam setiap tahapan tindakan, klinik ini selalu mementingkan foto untuk memperlihatkan perubahan perubahan yang terjadi pada kondisi pasien.
“Jadi ada bukti bahwa kondisi pasien memang membaik,” kata pria yang hobi berolahraga ini.
Ia melayani pasien perawatan kawat gigi di klinik ini setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, pukul 16.00-22.00 Wita. Pasien yang didominasi oleh wanita hingga mencapai 95 persen dari total pasien ini biasanya membuat janji terlebih dulu untuk penentuan jadwal kunjungan perawatan, atau bisa juga langsung datang ke tempat ini.
Selain Eddy sebagai spesialis ortodonsi, terdapat beberapa dokter spesialis lain seperti drg Muh Ruslim yang merupakan ahli bedah mulut dan rahang, serta dr Nilla Mayasari spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi medik. (blogkatahatiku.blogspot.com)