08 February 2014

NIKMATNYA PERPADUAN COKLAT BUAH UNTUK VALENTINE

Coklat Makassar “Makalatte”

Foto: Pribadi
Sebagai negeri penghasil kakao terbesar ketiga di dunia, Indonesia tidak kekurangan bahan baku untuk produk pembuatan ataupun pengolahan coklat. Coklat hasil buatan dalam negeri atau lokal di daerah, tidak kalah nikmatnya dari segi kualitas maupun rasa dibanding produk luar negeri.
Industri coklat juga mengalami perkembangan signifikan, termasuk hingga ke daerah-daerah. Menyusul kenaikan daya beli masyarakat, ditambah kian ramainya bisnis pariwisata di daerah. Salah satunya yang sudah punya nama yakni coklat Makassar “Makalatte”.
Coklat yang diproduksi CV Kasih dan Sayang di kawasan Sungai Saddang Baru Lorong Berkah 2 A ini, memiliki beragam jenis dan rasa yang tak kalah dengan produk luar negeri. Karena Makalatte terbuat dari lemak coklat berkualitas dan asli dari Sulawesi Selatan. Tak heran, Makalatte sudah terkenal di Sulawesi Selatan, bahkan ke beberapa provinsi tetangga.
“Kami memang selalu berusaha menjaga mutu, baik kemasan maupun rasanya,’’ ujar Irwan M, pemilik CV Kasih dan Sayang yang memproduksi Makalatte.
Sedikitnya 30 jenis bentuk dan ukuran kemasan Makalatte yang tentunya unik dengan cita rasa berbeda-beda, di antaranya perpaduan lemak kakao dengan buah-buahan seperti apel, advokad, lemon dan lainnya.
Makalatte juga memiliki keunggulan lain yakni “sugar free”, di mana produk ini bebas gula dan tentunya baik bagi penggemar coklat yang menderita diabetes. Makalatte juga aman dikonsumsi dari kalangan anak-anak hingga dewasa karena mengandung protein tinggi, dengan masa kedaluarsa 18 bulan.
Produk ini dipasarkan melalui pameran dan penjualan langsung ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi seperti tempat wisata dan instansi pemerintahan atau swasta serta beberapa gerai suvenir yang menjajakan oleh-oleh khas Makassar. Kendati belum dipasarkan secara global, namun Irwan yang merintis usahanya sejak 2008, sering kehabisan stok karena tingginya peminat. Diakuinya, order coklat-coklat produksinya melonjak cukup signifikan setiap jelang Valentine.
Makalatte dijual mulai harga terendah Rp 1.000 hingga Rp 80 ribu, sehingga semua kalangan bisa merasakan dan tentunya bisa membandingkannya dengan coklat produksi lain. Beberapa varian dalam Makalatte sudah menggunakan bahan seperti chocolate couverture dan chocolate coumpound yang semakin membuat pengonsumsi Makalatte tidak pernah mau berhenti mencobanya.
Apalagi, untuk masyarakat yang masih penasaran dengan Makalatte, Irwan makin mendekatkan produknya dengan membuka cabang baru di Jalan Singa, Makassar, beberapa waktu lalu. (blogkatahatiku.blogspot.com)