21 February 2014

LEZATNYA KULINER RESTORAN BANUA HOTEL

Foto: Pribadi
Tingginya permintaan kuliner para tamu di Restoran Banua Hotel, memotivasi Head Cheff Banua Hotel, Tarfin untuk giat mempromosikan menu andalannya hingga dua bulan ke depan. Menu yang ditawarkan Restoran Hotel Banua terbilang unik, perpaduan antara Indonesia food dan Eropa food yang disajikan dalam menu Lamb Kebab (Sate Kambing) hingga Baronang Steak ala Banua Hotel.
Ditemui di Banua Hotel, Jalan Haji Bau, Makassar, beberapa waktu lalu, Tarfin mengatakan, sengaja memilih Sate Kambing lantaran permintaan para tamu yang rata-rata ingin mengomsumsi makanan yang terdiri dari bahan dasar daging kambing.
“Selain cita rasanya yang memang khas karena berbahan dasar daging kambing, pengadaan menu ini juga lantaran permintaan para tamu,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan, peminat Sate Kambing dan Baronang Steak ini beraneka ragam, baik tamu lokal maupun turis asing. Untuk lebih memanjakan para tamu yang berkunjung ke Restoran Banua Hotel, pihaknya sengaja membuat menu dari daging kambing dan hasil-hasil laut. Pasalnya, makanan ini termasuk kuliner khas Kota Makassar.
Selain itu, kuliner ini juga sebagai daya tarik untuk meningkatkan revenue Hotel Banua sendiri. Untuk menu Sate Kambing, cara pembuatannya dengan mengiris daging tersebut hingga bumbuny ameresap, yang kemudian dilanjutkan dengan perebusan daging hingga ke proses pembakaran.
“Sate kambing tersebut juga mempunyai banyak macam kombinasi. Untuk versi Eropa food, di antaranyamenggunakan onion, dan uniknya sate tersebut tidak disandingkan dengan lontong sebagaimana sate biasa, namun menggunakan nasi yang terbuat dari beras putih,” beber Tarfin.
Untuk bumbu dan sausnya, Sate Kambing ini menggunakan racikan bumbu dabu-dabu khas Manado, di mana di dalamnya dikombinasikan dengan tomat sayur serta cabai rawit yang sangat pedas.
“Untuk menu Baronang Steak ala Banua ini, kami menggunakan bahan dasar Ikan Baronang yang berukuran small. Ikan tersebut kemudian di-fillet dan dikuliti. Setelah itu, direbus kemudian di-marinade chop rosmary,” terangnya.
Dijelaskan, ikan baronang yang siap saji tersebut pun dihidangkan dengaan nasi mentega (butter rice), di mana di atas ikan tersebut juga dikombinasikan dengan saus steak ala BanuaHotel yang memakai beberapa bumbu racik khusus, di antaranya leek, rosmery, dan tepung panir yang sangat meresap di lidah penikmatnya.
“Selain itu, jenis bahan tambahan yang dikombinasikan pada menu Baronang Steak ala Banua Hotel ini adalah varian tomato section dan mentimun. “Pihak kami berharap masakan terbaru ini dapat meningkatkan kualitas kuliner serta menjadi menu andalan Banua Hotel,” harap Tarfin.
Sebelumnya, imbuhnya, pihaknya belum pernah menyediakan hidangan menu andalan yang unik seperti Sate Kambing dan Baronang Steak ala Banua Hotel seperti ini. Untuk harga, menu-menu tersebut dipatok dengan harga terjangkau.
“Masalah harga, saya yakin tidak merobek kantong seperti harga yang ditawarkan oleh restoran berbintang lainnya. Namun untuk masalah citarasa makanan, saya yakin tamu bakalan ketagihan jika sudah mencicipi sekali menu tersebut. Soalnya, menu seperti ini sangat jarang didapatkan di restoran lain kecuali di Hotel Banua ini,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)