07 February 2014

KOMUNITAS SUGAR GLIDER

Aktivitas Baru yang Menyenangkan Pecinta Hewan
  
Foto: Istimewa
Bagi pecinta hewan, Anda perlu mengenal hewan yang satu ini. Hewan eksotik asli dari wilayah timur Indonesia ini bernama Sugar Glider atau dalam nama ilmiahnya disebut dengan Petaurus Brevicep, di mana hewan bertubuh mungil ini mampu melompat dan terbang.
Saat ditemui di Benteng Rotterdam, Jalan Ujungpandang, Makassar, Rabu (5/2/2014), Ketua Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) cabang Makassar, Rangga Reka mengatakan bahwa hewan ini dinamakan Sugar Glider karena menyukai makanan yang manis-manis.
“Belakangan ini, hewan Sugar Glider banyak digemari oleh warga karena terlihat imut dan lucu. Di Makassar sendiri, ada komunitas khusus pecinta hewan yang sering melompat ini, yaitu KPSGI, dan kebetulan saya yang membawahi chapter (cabang) Makassar,” terangnya.
Menurut Rangga, komunitas ini berkumpul setiap minggu di Benteng Rotterdam untuk saling bertukar informasi antarsesama anggota komunitas. Selain itu, ajang pertemuan tersebut digunakan untuk mempertontonkan keahlian ataupun kemampuan dari masing-masing koleksi Sugar Glidernya.
“Untuk merawat Sugar Glider ini cukup mudah, hanya dengan diberi makan pada waktunya dan menjaga kebersihan kandang. Pasalnya, hewan yang berkembang biak di Papua ini cukup jinak terhadap tuannya, sehingga sangat mudah dipelihara. Untuk makanan, Sugar Glider ini cukup diberi makan serangga seperti jangkrik dan ulat, atau makanan khusus yang dijual di toko-toko hewan,” sebutnya.
Komunitas yang terbentuk dari jejaring sosial ini, papar Rangga, telah memiliki belasan anggota. Bagi yang tertarik ingin memelihara hewan imut ini, cukup merogeh kocek Rp 400 ribu hingga Rp 700 ribu per ekor. (blogkatahatiku.blogspot.com)