18 February 2014

HONDA JAGOKAN TEKNOLOGI FUEL INJECTION

TEKNOLOGI FUEL INJECTION - Setelah 2014 dicanangkan sebagai kebijakan regulasi Euro 3 untuk penerapan teknologi motor yang diproduksi di seluruh dunia, tampaknya Honda sangat serius memperbarui seluruh line-up motor teranyarnya dengan teknologi fuel injection. Honda sedang mempersiapkan rencananya dengan matang untuk menghadapi persaingan pasar, dengan mesin injeksi yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar minyak (BBM). BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Setelah 2014 dicanangkan sebagai kebijakan regulasi Euro 3 untuk penerapan teknologi motor yang diproduksi di seluruh dunia, tampaknya Honda sangat serius memperbarui seluruh line-up motor teranyarnya dengan teknologi fuel injection. Honda sedang mempersiapkan rencananya dengan matang untuk menghadapi persaingan pasar, dengan mesin injeksi yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar minyak (BBM).
Apa saja produk Honda yang akan diluncurkan tahun ini? Menurut Regional Marketing Manager PT Astra International Tbk - Honda Region Sulselbartra dan Maluku, Sinyo Kalangi, untuk 2014 semua produk Honda akan menggunakan teknologi injeksi. Sehingga selain Revo FI yang telah diluncurkan Januari lalu, Astra Honda Motor (AHM) masih akan mengeluarkan banyak varian injeksi, seperti Mega Pro, Supra, Blade dan Vario 110.
Diakui Sinyo, tahun ini Honda akan lebih fokus mengusung teknologi fuel injection. Sebenarnya teknologi tersebut sudah digunakan Honda sejak 2005 lalu di Supra X 125 PGM FI. Mengapa memilih teknologi fuel injection? Karena teknologi injeksi selain ramah lingkungan, juga lebih irit.
“Tahun ini strategi Honda untuk menginjeksikan semua segmen, karena perusahaan kami selalu berusaha untuk menjadi terdepan dalam teknologi, dan juga untuk menunjukkan bahwa Honda selalu mengikuti dan menjalankan peraturan yang dibuat pemerintah,” ujar Sinyo.
Menyinggung mengenai kapan rencana akan melaunching beberapa line up baru Honda untuk teknologi fuel injection, Sinyo bertutur, sampai saat ini belum ada jadwal pasti, karena harus menyesuaikan dengan ketersediaan stok yang ada. Akan tetapi saat Managing Officer Honda Motor Co Ltd (HMCL) Hiroshi Kobayashi melakukan jumpa pers beberapa waktu lalu di Jakarta, mengatakan semua produk motor baru Honda tidak akan diperkenalkan secara bersamaan, tetapi hanya berdekatan dengan jeda beberapa bulan saja.
Sejak diluncurkan Januari lalu, Revo FI  mendapat respons yang sangat besar di Kota Makassar. Meskipun sebenarnya untuk area Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara (Sulselbartra) dan Maluku sebenarnya baru akan dilakukan Regional Public Launch di Palopo pada 1 Maret nanti, tetapi diungkapkan Sinyo, untuk saat ini Revo FI sudah terjual sebanyak 200 unit di Kota Makassar. Bahkan  yang inden sudah ada sekitar 500 unit. Itu karena masih terbatasnya distribusi dari PT AHM guna memenuhi kebutuhan di area Jawa, Bali, dan Sumatera.
Pada Januari lalu, PT AHM telah sukses meluncurkan tampilan baru Revo berteknologi fuel injection. Bukan hanya teknologinya yang di upgrade dengan sistem injeksi yang hemat bahan bakar, modelnya juga mengalami perubahan desain,   sehingga tampil lebih ramping dan tajam. Wajah depan lebih sporty, dengan pengaplikasian lampu utama yang lebih kecil, serta posisi winker yang diletakkan terpisah pada bagian depan.
Pipa utama samping terlihat seperti desain rangka, sehingga membuatnya terlihat lebih kokoh. Warna bodi samping juga mampu merefleksikan kerampingan bodi baru motor ini. Sementara dilihat dari belakang, garis bodinya mampu memberikan kesan energik.