22 February 2014

EKSISTENSI KINERJA OTORITAS JASA KEUANGAN

Foto: Effendy Wongso
Eksistensi kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah beroperasi di Makassar sebagai badan pengawas bank dan non perbankan, hingga dua bulan terakhir menerima aduan konsumen jasa keuangan sebanyak 23 pengaduan.
Deputi Direktur Bagian Perizinan dan Informasi Perbankan OJK, Sabaruddin, mengatakan selain terima pengaduan 23 kasus, OJK juga mencatatkan ada sekitar enam bank umum menyatakan siap ekspansi di Makassar.
“Ini adalah total pengaduan dalam dua bulan terakhir, jumlahnya kurang lebih 23 pengaduan dan didominasi perbankan soal kredit, jaminan, suku bunga, dan lain-lain. Masih soal kredit ini yang banyak kami terima pengaduannya,” ucapnya di Kantor OJK, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Kamis (13/2/2014).
Sabaruddin menambahkan, khusus untuk wilayah Makassar konsumen akan dilayani langsung oleh satuan kerja di Kantor Pusat OJK, yakni Direktorat Pelayanan Konsumen. Menurutnya, hingga bulan kedua masa kerja OJK dari total pengaduan, sekitar 80 persen masih dalam tahap meminta informasi misalnya soal perizinan membuka bank. Sedangkan 10 persen berupa pengaduan informasi, dan sisanya berupa penyampaian informasi.
“Kami tidak hanya menerima pengaduan saja, akan tetapi terkait soal perizinan," terangnya.
Dikatakan, hingga saat ini info terkini di sejumlah bank-bank umum yang rencananya bakal ekspansi di Makassar totalnya ada enam bank. “Jadi mereka harus punya izin, baru bisa buka cabang,” tandas Sabaruddin, enggan menyebutkan bank-bank yang dimaksud. (Nina Annisa/blogkatahatiku.blogspot.com)