08 February 2014

BISNIS KURSUS DAN LES BACA

Foto: Istimewa
Hanya dengan modal kecil sudah bisa membuka usaha, bagaimana caranya? Hal tersebutlah yang kini dijawab oleh Reza Maronie. Hanya dengan modal Rp 1 juta, mereka yang memiliki semangat entrepreneur, sudah bisa menjadi mitra dari usaha Les Baca Anak Hebat (AHe). Usaha tersebut didirikan oleh Rohmat Shopianto SPd, seorang praktisi pendidikan, pemerhati dan pencinta anak-anak, sekaligus entrepreneur.
Perkenalan Reza dengan program les baca AHe terjadi secara tidak sengaja. Pada saat itu, ia sudah memiliki bisnis yang juga bergerak di bidang pendidikan, yaitu sekolah TK dan Playgroup Khalifah. Untuk lebih mengembangkan kualitas anak didik, Reza berencana mau membuka les baca sebagai ekstrakurikuler di sekolahnya. Melalui salah seorang guru di sekolah miliknya, didapatlah informasi adanya program les baca bernama AHe.
Sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan AHe, ia terlebih dulu melakukan browsing melalui internet. Dari media dunia maya tersebutlah, ayah dua orang anak ini mengetahui kalau AHe sudah memiliki 300 unit cabang di Indonesia. Metode belajar AHe menggunakan pendekatan psikologis yang sistematis, mudah dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat merasakan kegembiraan dalam belajar.
Di Makassar, ia dipercaya oleh pemiliknya untuk membesarkan les baca tersebut dengan status sebagai event organizer (EO) dan pelatih berlisensi AHe untuk kota Makassar. Agar memiliki status tersebut, diakui dirinya harus mengeluarkan sejumlah biaya ke kantor pusat, tanpa merinci berapa besar biaya yang dikeluarkan. 
Antara Reza dengan Rohmat Shopianto SPd, pemilik otoritas kantor pusat menjalankan konsep bisnis semi franchise. “Saya lebih memilih konsep kemitraan dibandingkan harus membangun brand sendiri, karena mereka sudah punya sistem operasional yang sudah teruji dan terpercaya. Dengan demikian saya tidak perlu lagi membangun sendiri sistem dari nol,” ungkap Reza.  
Sejak dibuka di Makassar pada November 2013, AHe Makassar sudah memiliki dua cabang, yaitu di Kelurahan Sudiang dan Banta-bantaeng. Untuk cabang Banta-bantaeng merupakan milik Reza sendiri, sedangkan cabang Sudiang dibuka dengan konsep kemitraan. Di Banta-bantaeng sudah punya sekitar 50 orang murid.
Bagaimana cara untuk bermitra? Syarat pertama yang harus dipenuhi, jelas Reza adalah memiliki tempat untuk membuka usaha les baca, di mana di lokasi calon tempat belum pernah ada dibuka les baca AHe di sana. Setiap kelurahan hanya diperbolehkan ada dua unit usaha les baca AHe. Setelahnya bisa mengajukan permintaan menjadi mitra ke Reza sebagai EO yang dipercaya memegan wilayah Kota Makassar.
Setelah syarat tersebut bisa dipenuhi, calon pelaku usaha harus memiliki modal usaha. Uniknya karena modal yang dibutuhkan terbilang sangat kecil. Cuma dengan Rp 1 juta yang diserahkan kepada pemegang lisensi AHe di Makassar, dalam hal ini dipegang langsung oleh Reza, pelaku bisnis sudah bisa membuka satu unit les baca AHe.
“Pelaku usaha akan mendapatkan lisensi unit, lisensi mengajar dan Sistem Operasional (SOP) Les Baca Ahe. Untuk perlengkapan akan mendapatkan media ajar satu set dan papan nama usaha,” jelasnya.
Mengapa sebaiknya memilih bisnis pendidikan? Itu karena menurut Reza, bisnis pendidikan memiliki prospek yang sangat besar di Kota Makassar. Bisnis pendidikan bisa dikatakan antikrisis, karena pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk kelanjutan suksesnya hidup seseorang. Selain itu, demand atau permintaan untuk menjadi murid di sebuah lembaga pendidikan cenderung stabil. Yang lebih penting lagi, dengan bergelut di bidang pendidikan, seseorang akan dapat ikut serta dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.
Apalagi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) saat ini sudah melarang pelajaran baca tulis dimasukkan sebagai kurikulum di sekolah Taman Kanak-kanak (TK), sehingga peluang bisnisnya semakin besar, karena tidak ada lagi program baca tulis di tingkat formal anak usia dini
Peluang bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang berprofesi sebagai guru TK/SD, ibu rumah tangga, maupun mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan tambahan. (blogkatahatiku.blogspot)